Kutuk Serangan Israel ke Gaza, Jokowi: Indonesia Tidak Akan Tinggal Diam 

Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

Presiden Joko Widodo mengutuk keras serangan Israel ke Gaza, termasuk menargetkan rumah sakit, hingga menimbulkan banyak korban jiwa. 


"Ini jelas pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional," tegas Jokowi dalam video pernyataan dari Riyadh, Arab Saudi yang diunggah Sekretariat Kabinet pada Kamis (19/10).

Jokowi menekankan, Indonesia tidak akan tinggal diam dengan semakin banyaknya penderitaan dan ketidakadilan terhadap rakyat Palestina.

Untuk itu, Indonesia, bersama Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mendesak dunia untuk menghentikan eskalasi dan penggunaan kekerasan, serta fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar persoalan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina.  

"Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan," ucapnya.

"Sekaranglah saatnya dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati," imbuh Jokowi dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, Indonesia akan terus menyuarakan isu Palestina dalam setiap kesempatan. Salah satunya dalam KTT ASEAN-GCC pada Jumat (20/10) dan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman.