Momentum Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim, Gubernur Khofifah Gelar Jalan Sehat di Jember

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas jalan sehat di Jember/Ist
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas jalan sehat di Jember/Ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama ribuan warga mengikuti jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Jadi  Provinsi Jawa Timur ke -78 di depan Kantor Bakorwil V Jember, Minggu (5/11) pagi.


Ikut hadir mendampingi Gubernur Khofifah, Bupati Jember Hendy Siswanto, Bupati Situbondo, Pj Bupati Bondowoso, Ketua TP PKK Kabupaten Jember dan Kepala Bakorwil V Jember, Dirut Bank Jatim, dan Dirut BUMD Jember. 

"Mari bersama-sama kita berangkatkan dengan membaca Basmalah Bismillahirrahmanirrahim," ujar Gubernur Khofifah, sambil mengibarkan bendera untuk memulai start JJS, 

Gubernur Khofifah juga turut serta dalam kegiatan jalan sehat ini bersama ribuan masyarakat. Kesempatan tersebut, dijadikan kesempatan menyapa warga Jember serta  melayaninya, jika ada warga yang meminta berswafoto dengan dirinya.

"Gelaran seperti ini dapat menggerakkan energi positif dari setiap daerah. Sekaligus sebagai momentum mempererat silaturahmi, membangun relasi sosial guyub rukun," katanya.

"Semua elemen, semua usia hadir meramaikan serta memberikan dampak sehat seduluran," sambungnya.

Gubernur Khofifah menegaskan pentingnya menjaga kondusifitas Jawa Timur di tahun politik. Salah satunya dengan menguatkan semangat persaudaraan di antara seluruh elemen masyarakat Jawa Timur, salah satunya melalui jalan sehat.

Jalan sehat yang digelar Bakorwil Jember ini menempuh jarak 2,4 km. Diawali dari depan kantor Bakorwil V Jember di jalan Kalimantan Jember,  menuju gerbang Universitas Negeri Jember - UNEJ Medical Center - Fakultas Pertanian - Fakultas Ilmu Komputer - Masjid Al Hikmah komplek UNEJ dan berakhir di Bakorwil V Jember.

Selain itu, Bakorwil V Jember juga menggelar pameran bonsai dan tanaman hias yang digelar mulai 5-7 November 2023. Sebanyak 98 bonsai dan berbagai macam tanaman hias dipamerkan disini. Bahkan juga  diramaikan dengan operasi pasar murah, bazar UMKM dan layanan masyarakat. Usai jalan sehat, Gubernur Khofifah meninjau operasi pasar murah yang merupakan titik ke 44, dan bazar UMKM. 

Dalam operasi pasar ini disediakan sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Operasi pasar murah disediakan kebutuhan pokok yang dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi. 

Di antaranya beras medium dengan harga Rp. 10.200/kg sejumlah 10 ton, minyak goreng minyakita dengan harga Rp13.000/liter sejumlah 1.800 liter, gula pasir seharga Rp13.000/kg disediakan 250 kg, kemudian telur ayam ras dengan harga Rp22.000/kg tersedia 100 kg.

Sebagai informasi harga beberapa bahan pokok tersebut di Jember per 4 November 2023 adalah sebagai berikut beras Rp10.860/kg HET Rp. 10.900/kg, minyak goreng Rp14.700/liter HET Rp14.000/liter, gula pasir Rp15.300/kg HET Rp. 14.500/kg, dan telur ayam ras Rp23.900/kg HET Rp27.000/kg.

Secara khusus, Gubernur Khofifah juga ikut membagikan telur kepada ibu  hamil serta yang membawa anak kecil. Masing-masing dari mereka mendapat telur 1 kg. Gubernur Khofifah juga ikut menyerahkan zakat produktif berupa uang Rp 500.000 dan sembako kepada 100 pelaku usaha ultra mikro.

Sebanyak 25 stand bazar juga turut memeriahkan jalan sehat yang menjual berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan dan minuman kerajinan tangan, batik, produk eco-print serta berbagai produk oleh-oleh khas Jember.

Juga tampak beberapa stand dari masing-masing kabupaten yang ada dalam koordinasi Bakorwil V Jember seperti Pemkab Jember, Pemkab. Situbondo, Pemkab Lumajang, Pemkab Probolinggo, Pemkot Probolinggo, Pemkab Bondowoso dan Pemkab Banyuwangi. 

Adapula beberapa stand layanan masyarakat seperti layanan kesehatan, layanan konsultasi listrik hingga layanan konsultasi hukum.

"Kami  menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Khofifah di Jember. Jember bisa begini karena Ibu Gubernur kita yang kita cintai ini," ujar Bupati Jember Hendy Siswanto.

Salah seorang peserta jalan sehat, Shanti (44), asal Kabupaten Jember mengaku sangat senang mengikuti Jalan Sehat. Apalagi bisa beremu dengan Gubernur Khofifah. Ia juga bersyukur atas terselenggaranya operasi pasar murah di Bakorwil Jember. 

"Sebab, harga sembako yang dijual di pasar murah ini, jauh lebih murah dari harga pasar," katanya.