Politisi Rame-rame Ngalab Berkah di Makam Sunan Kuning Jelang Pemilu 2024

Makam Sunan Kuning di Kalibanteng, Semarang/RMOLJateng
Makam Sunan Kuning di Kalibanteng, Semarang/RMOLJateng

Para calon anggota legislatif (caleg) maupun calon presiden (capres) melakukan berbagai upaya agar terpilih dalam Pemilu 2024 mendatang. 


Menariknya, salah satu upaya tersebut adalah dengan mendatangi makam-makam keramat demi mendapatkan berkah guna tercapai hajat hidupnya, yakni menjadi anggota dewan atau presiden.

Salah satu makam keramat yang didatangi adalah makam Sunan Kuning, yang letaknya tidak jauh dari kompleks Argorejo, Kelurahan Kalibanteng, Semarang.

Makam yang terletak di perbukitan Lebdosari itu tidak hanya dikunjungi oleh para caleg ataupun capres, tapi juga pejabat maupun pengusaha yang ingin usahanya berhasil.

Juru kunci makam Sunan Kuning, Tri Waryono membenarkan, menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, banyak caleg maupun capres yang datang untuk berziarah.

Menurut Tri, di hari biasa para peziarah yang datang ke makam, ada yang waktu siang maupun malam. Waktu siang hari biasanya pejabat pengusaha hingga para Kyai .

"Sedangkan untuk musim coblosan seperti sekarang ini, banyak caleg maupun capres ikut berziarah dan berdoa, waktu kedatangan tidak menentu, kadang pagi hingga siang tergantung kesibukan mereka," kata Tri, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (29/11).

Ketika ditanyakan, apakah ada capres yang ikut berziarah, Tri membenarkan ada capres yang datang untuk berziarah.

"Kalau untuk capres, baru timnya Ganjar yang datang dengan berseragam tulisan Tim Ganjar," ungkapnya.

Tri menjelaskan, semua yang datang ke makam Sunan Kuning akan diterima dengan terbuka selama niatnya baik.

"Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin berziarah dan berdoa," pungkas Tri.