Jelang Pemilu 2024, Ketua DPRD Kota Malang Tekankan Rasa Nasionalisme

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjadi narasumber dalam kegiatan Dialog Kebangsaan/RMOLJatim
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjadi narasumber dalam kegiatan Dialog Kebangsaan/RMOLJatim

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menekankan rasa nasionalisme terhadap masyarakat Kota Malang, demi terwujudnya daerah yang aman, tertib dan rukun. 


Demikian dikatakannya saat digelarnya kegiatan Dialog Kebangsaan bertemakan peningkatan wawasan kebangsaan dalam mewujudkan Kota Malang yang aman, tertib dan rukun yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Bakesbangpol di salah satu Kota Malang, Senin (13/11).

"Diselenggarakan kegiatan Dialog Kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap warga Kota Malang. Apalagi kita akan menghadapi pemilu serentak ditahun 2024," ungkap pria yang akrab dipanggil Made tersebut. 

Ia juga menyampaikan, Dialog Kebangsaan itupun diselenggarakan serentak diseluruh kecamatan yang ada di Kota Malang, yakni Kecamatan Blimbing, Lowokwaru, Kedungkandang, Klojen, dan Sukun.

"Dengan bertemu, berkomunikasi inilah kita dapat memberikan wawasan kebangsaan. Demi meningkatkan rasa nasionalisme yang kuat," jelas politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu. 

Selain itu, Made menginginkan masyarakat Kota Malang mampu melewati tahapan pesta demokrasi tanpa terpecah belah dan kondusifitas Kamtibmas tetap terjaga.

"Kampanye akan dilaksanakan sebentar lagi, kami berharap masyarakat Kota Malang mampu melewati tahapan pesta demokrasi ini dengan baik. Ibaratnya kita menghadapi tikungan tajam, dan kami yakin masyarakat Kota Malang bisa melaluinya. Utamanya masyarakat Sukun ini, yang terkenal dengan kerukunannya antar warga," tuturnya. 

Bahkan, Made berpesan dalam pesta demokrasi yang akan digelar nanti, jangan sampai menggangu rencana pembangunan yang sudah disiapkan dan direncanakan, agar bisa telaksana dengan baik. 

"Jadi, tanpa adanya situasi dan kondisi yang baik, tentu pelaksanaan pembangunan tidak berjalan dengan baik," tandasnya. 

Sementara itu, Pejabat (Pj) Walikota Malang Wahyu Hidayat memaparkan, kegiatan tersebut merupakan program dari kecamatan untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat dalam mengantisipasi permasalahan saat pesta demokrasi Tahun 2024 berlangsung nanti. 

"Dalam hal ini, semoga seluruh masyarakat Kota Malang sadar, dan bisa menjadikan pesta demokrasi ini berjalan dengan baik sesuai harapan kita bersama," ujarnya. 

Pada kegiatan Dialog Kebangsaan ini, selain Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika dan Pj. Walikota Malang Wahyu Hidayat, nampak hadir pula Camat Sukun Widi, Lurah se- Kecamatan Sukun, Ketua RW, Tokoh masyarakat, dan anggota Linmas.[adv]