Mathur Husyairi Dengarkan Keluhan Nelayan Gebang Bangkalan

Mathur Husyairi saat reses di Bangkalan/RMOLJatim
Mathur Husyairi saat reses di Bangkalan/RMOLJatim

Anggota DPRD Jawa Timur Dapil Madura, Mathur Husyairi, melaksanakan serap aspirasi (Reses) III 2023. Acara tersebut berlangsung di Desa Gebang, Kabupaten Bangkalan, pada Minggu (3/12).


Dalam acara tersebut, Mathur Husyairi bertemu masyarakat nelayan Desa Gebang untuk mendengarkan aspirasi mereka. Salah satu perhatian utama Mathur adalah nasib para nelayan di desa tersebut.

Supandi, wakil ketua komunitas nelayan setempat, mengungkapkan keluhannya terkait dengan nelayan yang menggunakan alat tangkap trawl. Dia merasa bahwa kehadiran nelayan dari luar daerah yang menggunakan trawl meresahkan nelayan tradisional di Desa Gebang.

Supandi meminta agar tindakan diambil terhadap nelayan yang menggunakan trawl karena merugikan nelayan lokal.

“Minta tolong pak nelayan yang menggunakan trawl itu ditindak karena mengganggu sekali, selain itu pak tangkis laut,” keluhnya.

Selain itu, Supandi menyampaikan bahwa nelayan di Desa Gebang membutuhkan sarana seperti mesin tempel dan jaring. Sekitar 60 perahu nelayan di desa tersebut belum memiliki mesin.

Mathur Husyairi merespons keluhan tersebut dengan menjelaskan bahwa diperlukan ketegasan dari pemerintah terkait penggunaan trawl oleh nelayan. Namun, ia mengakui selalu saja keterbatasan anggaran menjadi kendala pemerintah dalam mengatasi masalah ini.

Sebagai solusi, Mathur Husyairi menyarankan agar tindakan nelayan yang menggunakan trawl diungkapkan secara luas agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

“Diviralkan saja, nanti saling koordinasi agar nanti saya kawal ke pihak yang berwenang,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa semua aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat nelayan akan diperjuangkan di tingkat provinsi dengan melakukan koordinasi dengan dinas kabupaten.

Mathur Husyairi menyatakan bahwa pemerintah juga harus melayani masyarakat nelayan dan akan berusaha untuk menindaklanjuti semua aspirasi yang telah disampaikan.


ikuti update rmoljatim di google news