PAN Rekom Khofifah Maju Pilgub Jatim, Begini Kata Pengamat Soal Peluang Emil Digandeng Kembali

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak/Ist
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak/Ist

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi telah memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam gelaran Pilgub Jatim 2024.


Rekomendasi tersebut diberikan hanya untuk Khofifah untuk maju sebagai Cagub tanpa berpasangan tokoh lain sebagai Cawagub. 

Pengamat Politik dari Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt memprediksi Khofifah akan tetap berpasangan dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024.

Sebab hingga saat ini menurut Baihaki, Khofifah-Emil masih menjadi pasangan yang ideal maju kembali dalam Pilgub Jatim  2024 untuk periode kedua. 

Baihaki menyebut beberapa alasan. Pertama selama ini kinerja pasangan Khofifah-Emil saat memimpin Jatim terbilang bagus. 

"Setidaknya terlihat dari program-program yang selama ini dijalankan berpihak pada masyarakat. Salah satu indikatornya tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Khofifah-Emil cukup tinggi," ujar Baihaki, Kamis (7/12).

Kedua, lanjut dia, dalam survei terakhir yang dilakukan oleh ARCI dan mencoba melakukan simulasi pasangan calon dalam Pilgub Jatim, hasilnya pasangan Khofifah-Emil masih teringgi. 

"Saat kami simulasikan dengan tiga paslon maka hasilnya, Khofifah - Emil 51,5℅, kemudian Risma - Gus Ipul 18,6℅, dan Abdul Halim Iskandar - Toriqul Haq 17,3℅, yang tidak menjawab 12,6 %," tandas Baihaki. 

Bila dilihat dari beberapa faktor itu, maka apabila duet ini kembali maju dalam Pilgub 2024 mendatang maka potensi untuk kembali menang sangat besar. 

"Soal rekomendasi partai untuk berpasangan dengan siapa, termasuk PAN, hasil survei elektabilitas dan tingkat kepuasan kinerja pasti akan menjadi pertimbangan nantinya. Nah kalau Khofifah-Emil tetap baik hasil surveinya, bahkan misalnya lebih baik lagi jelang tahapan pendaftaran, pasti itu akan jadi pertimbangan penting," pungkas Baihaki.