Bawaslu Kota Madiun Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen Pengawas TPS

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun menggelar rapat persiapan rekrutmen Pengawas TPS (PTPS) se Kota Madiun pada tahapan Pemilu 2024, yang digelar di Sun Hotel, Rabu (20/12).


Pengawas TPS tersebut nantinya akan ditempatkan di 575 TPS yang tersebar di Kota Madiun. Tujuan perekrutan pengawas TPS ini untuk meningkatkan pengawasan hingga tingkat TPS dan mewujudkan pemilu yang berintegritas. 

"Sesuai dengan data TPS yang ada di Kota Madiun. Jadi kedepannya kita akan merekrut sebanyak 575 pengawas. Sehingga kita akan menempatkan 1 TPS 1 orang pengawas," terang Komisioner Bawaslu Kota Madiun Novery Wahyu Hidayat dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Novery menambahkan, untuk mekanisme perekrutan pihaknya akan memberikan pengumuman dan sosialisasi bekerja sama dengan pihak pihak terkait, diantaranya dengan kecamatan dan kelurahan.

Sedangkan syarat untuk menjadi pengawas TPS  sama dengan syarat menjadi KPPS yang ditetapkan oleh KPU. Antara lain, lulusan minimal SLTA, bukan anggota parpol, dan berusia minimal 25 tahun.

"Untuk pengumuman dan sosialisasi kami bekerjasama sama dengan pihak pihak terkait diantaranya kecamatan dan kelurahan. Untuk syarat menjadi pengawas TPS sama dengan syarat menjadi KPPS," ujarnya. 

Acara rapat koordinasi tersebut djhadiri jajaran Bawaslu, Panwascam, Sekretariat Panwascam, Lurah, Bakesbangpol, Kominfo dan Satpol PP Kota Madiun.