Jokowi Optimis Bisa Gelar Perayaan HUT ke-79 RI 17 Agustus 2024 di IKN

Presiden Joko Widodo di Titik Nol Nusantara/Net
Presiden Joko Widodo di Titik Nol Nusantara/Net

Presiden Joko Widodo optimis bisa menggelar peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun 2024 ini di Ibu Kota Nusantara (IKN).


Hal tersebut disampaikan Jokowi usai melakukan peninjauan dan groundbreaking sejumlah infrastruktur di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/1).

"Saya optimis insyaallah di 17 Agustus 2024 kita akan bisa melakukan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, perkembangan pembangunan IKN terus menunjukkan hasil yang baik, termasuk investasi di IKN yang diklaim semakin banyak yang minati.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi setelah ia melakukan groundbreaking logistik hub. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyambut baik pembangunan logistik hub oleh PT Pos Indonesia atas kerja sama dengan PT Bina Karya, yang menurutnya dapat menambah fasilitas dan infrastruktur di IKN.

"Artinya, urusan logistik sekarang sudah ada yang menanganinya yaitu Pos Indonesia dan Bina Karya," ungkap Jokowi.

"Tambahan-tambahan yang belum ada saya kira akan menambah fasilitas, menambah akomodasi bagi tamu-tamu yang akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara," sambungnya.

Nantinya, kata Jokowi, akan ada 8 hingga 10 proyek di IKN yang setiap bulannya akan dilaksanakan, karena banyaknya investor yang antre untuk membangun ibu kota baru tersebut.

"Sebetulnya memang yang antre banyak tapi perlu juga diverifikasi, perlu disaring sesuai dengan kebutuhan yang ada di Ibu Kota Nusantara," tuturnya.

Saat ini, progres pembangunan IKN sendiri dilaporkan oleh Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin, sudah mencapai sekitar 70 persen hingga awal tahun 2024.


ikuti update rmoljatim di google news