Survei Terbaru ARCHI: Elektabilitas Anies-Muhaimin Naik, Prabowo-Gibran Turun

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/Ist
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/Ist

Berdasarkan hasil survei terbaru, elektabilitas Capres -Cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengalami kenaikan.


Sementara elektabilitas Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengalami penurunan.

Hal itu berdasarkan data yang dirilis oleh lembaga Survei ARCHI untuk periode 26 Januari hingga 1 Februari 2024.

Direktur Eksekutif ARCHI, Mukhradis Hadi Kusuma menyebutkan, berdasarkan hasil survei tersebut, paslon AMIN mengalami kenaikan dari survei sebelumnya.

Sebab hasil survei sebelumnya yaitu mencapai angka 33,61 persen dan sekarang menjadi 37,63 persen.

Sedangkan untuk Prabowo-Gibran yang sebelumnya mencapai angka 45,9 persen, tetapi terbaru berada di angka 44,85 persen.

Akan tetapi, Prabowo-Gibran tetap memimpin dengan elektabilitas 44,85 persen dan disusul pasangan Anies-Muhaimin dengan jumlah 37,63 persen, dan Ganjar-Mahfud 15,95 persen.

Ia mengatakan, dalam survei ini responden diberikan pertanyaan terkait 'Saat berada di bilik suara, siapakah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang anda pilih.'

Sementara hasil survei menunjukkan yang tidak memilih atau golput berjumlah 0,19 persen dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 1,39 persen.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa survei dilakukan bagi warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun atau sudah menikah dengan total 2.400 responden di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Ia menambahkan, survei tersebut menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling dengan tingkat margin of error sekitar 2 persen dan tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.