UPTD Sekolah Dasar (SD) Wilayah Kecamatan Kwanyar Menggelar Olimpiade Mipa dan Kreativitas

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Sekolah Dasar (SD) Wilayah Kecamatan Kwanyar telah menggelar Olimpiade Matematika, IPA (Mipa) dan Kreativitas. Acara ini dilangsungkan di dua tempat, SDN Pesanggrahan I dan SDN Pesanggrahan II, Desa Pesanggrahan, Rabu (21/02/2023). Peserta lomba diikuti selolah dasar yang tersebar di wilayah Kecamatan .


Ketua Panitia Lomba, Muzammil mengatakan, acara ini bertujuan memberikan wadah kepada peserta didik di seluruh Kecamatan Kwanyar untuk menunjukkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka dalam meraih prestasi terbaik.

Ajang ini memberikan motivasi bagi setiap sekolah untuk membina siswa-siswa mereka agar memiliki prestasi dan talenta yang baik. Keunggulan dari olimpiade ini adalah bahwa ini merupakan ajang berkala tingkat kecamatan, yang akan diikutsertakan dalam lomba tingkat kabupaten.

Jika berhasil menjadi juara di tingkat kabupaten, mereka akan melanjutkan ke tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Ada sepuluh jenis bidang yang dilombakan dalam acara ini, antara lain, olimpiade IPA, Matematika, cerita, gambar, menyanyi tunggal, tari, anyaman, pantomim, MTQ, dan MHQ. Event tahunan ini mendapat dukungan positif dari pihak lingkungan pendidikan maupun masyarakat. 

"Dukungan dari sekolah, dari guru pembimbing dan juga masyarakat terbilang antusias. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang hanya sebanyak 3% persen yang tidak ikut lomba," kata Ketua Panita kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Ia menambahkan, untuk acara di masa mendatang, panitia berharap dapat membuatnya lebih meriah. Harapnya lagi agar peserta didik tidak hanya berpartisipasi dalam ajang lomba ini saja, tetapi juga tetap mendapatkan pembinaan dalam kurikuler maupun ekstrakurikuler dalam setahun ke depan. 

"Untuk pagelaran acara di masa mendatang akan dilakukan lebih meriah. Karena kita punya prinsip ke depan harus lebih maju dari yang sekarang," ujarnya

Sementara itu, menurut Kepala UPTD Kwanyar, Nurcholis, semua yang dilakukan dalam acara Olimpiade Matematika, IPA, dan Kreativitas ini adalah untuk kepentingan anak-anak. Tujuan utama dari pendidikan ini adalah untuk memberikan pendidikan berkualitas yang didukung oleh prestasi-prestasi yang mereka miliki melalui kegiatan lomba seperti yang sedang berlangsung.

"Semua yang kami lakukan itu untuk anak-anak. Ajang ini untuk anak-anak karena kita berbuat untuk anak-anak.  Jadi pendidikan ini semata-mata memang bagaimana pendidikan berkualitas dengan prestasi-prestasi yang ia miliki, " tandas KA UPT.