Baksos Donor Darah, BHS Berharap Bisa Diikuti Industri Lain di Surabaya dan Sidoarjo 

Baksos donor darah di PT DLU
Baksos donor darah di PT DLU

Bakti sosial donor darah yang diikuti 100 karyawan dan direksi ini digelar di kantor PT DLU Jalan Kanginan Surabaya. Sabtu (24/2).

CEO dan penasehat PT DLU, Bambang Haryo Soekartono (BHS) menjelaskan, meski donor darah kali ini hanya diikuti 100 orang tapi dia berharap aksi sosial ini bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai tokoh publik yang peduli tentang kesehatan masyarakat, BHS berharap bakti sosial DLU ini bisa diikuti perusahaan di Surabaya dan Sidoarjo. Karena dari dua daerah ini dapat mengumpulkan stok darah cukup banyak.

"Di Sidoarjo itu ada 15 ribu industri, baik itu industri menengah sampai besar. Kalau ini benar-benar dilakukan seluruh Surabaya, Sidoarjo. Betapa maraknya PMI tidak perlu kesulitan lagi mencari darah," ujarnya setelah mendonorkan darahnya.

BHS pun mengingatkan bahwa donor darah dapat menyehatkan tubuh karena darah yang lama akan diganti dengan darah baru.

"Jadi darahnya itu sehat setiap ganti baru terus, yang lama (darahnya) disumbangkan," tegasnya.

Direktur Utama PT DLU, Erwin H. Poedjono menjelaskan, donor darah ini merupakan CSR perusahaannya dalam merayakan HUT ke 48, dan ke depannya DLU holding terus menjalin kerjasama dengan PMI untuk memenuhi stok darah.

"Bersama dengan PMI, kita juga selalu bertukar informasi," terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan PT DLU Khoiri Soetomo menjelaskan bahwa donor darah ini bisa dilakukan empat kali dalam setahun, bukan hanya mendukung pemerintah agar mendapatkan darah yang bagus tapi aksi ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

"Biar bagaimanapun juga bangsa ini harus disupport, harus didukung dengan kepedulian sosial yang tinggi, apalagi di saat-saat seperti sekarang ini," ujarnya.

Sementara itu, dokter pemeriksa PMI dr. Citra Kembang menerangkan bahwa stok darah menipis menjelang puasa. 

"Untuk stok darah di PMI menjelang puasa sehari sekitar dibutuhkan 200 (kantong), kami terima kasih kepada PT DLU telah mengadakan bakti sosial untuk memenuhi stok darah di PMI. Untuk saat ini sangat dibutuhkan apalagi di bulan puasa banyak orang berpuasa," terangnya.