Paiton Energy Probolinggo Donasikan Transportasi Ramah Lingkungan untuk TMR

PT Paiton Energy saat memberikan bantuan alat transportasi ramah lingkungan/Ist
PT Paiton Energy saat memberikan bantuan alat transportasi ramah lingkungan/Ist

Sebagai bentuk dukung ramah lingkungan, PT Paiton Energy (PE) menghadirkan transportasi ramah lingkungan di Taman Margasatwa Ragunan berupa buggy car (golf car) untuk dipergunakan pengunjung dan pengelola.


Donasi golf car tersebut juga sebagai salah satu sarana mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk pengurangan emisi karbon.   

PE mendonasikan dua unit golf car bertenaga listrik kepada Taman Margasatwa Ragunan (TMR), melengkapi enam unit golf  car yang telah didonasikan sebelumnya oleh PE.

Sekaligus sebagai bagian rangkaian menyambut Hari Hak Konsumen Sedunia yang diperingati setiap 15 Maret. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Bayu Meghantara, Kepala Unit Pengelola TMR, Endah Rumiyati, dan Chief Financial Officer PT Paiton Energy, Bayu Widyanto.

Donasi golf car bertenaga listrik ke TMR merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility PE di bawah Program Langit Biru. Donasi ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama mewujudkan TMR yang bersih dari polusi kendaraan bermotor dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. 

Chief Financial Officer PT Paiton Energy Bayu Widyanto, mengatakan perusahaan mendonasikan golf car listrik untuk dapat dijadikan sarana edukasi, dan kampanye kepada masyarakat tentang pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, dan pengguna kendaraan listrik sebagai moda transportasi. 

“Program Langit Biru merupakan wujud nyata komitmen Perusahaan untuk mendukung merealisasikan program penurunan emisi gas rumah kaca di Ibukota, sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (12/3/2024). 

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara, mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan PE dalam mengembangkan energi yang ramah lingkungan.

“Kami menyambut baik inisiatif dari PE ini. Donasi golf car listrik akan sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Taman Margasatwa Ragunan,” ungkapnya. 

Paiton Energy akan terus berupaya meningkatkan dampak positif terhadap lingkungan melalui praktik bisnis dan inisiatif peningkatan kinerja lingkungan yang berkelanjutan. Paiton Energy mensinergikan kegiatan penanganan perubahan iklim melalui Program Paiton bErsiNERGY.

Paiton Energy telah melaksanakan program CSR yang dipantau oleh Komite Pengembangan Masyarakat. Program dikategorikan dalam tiga fokus yaitu mendukung keberlanjutan perusahaan (pembangkit), keberlanjutan sosial ekonomi, serta keberlanjutan energi dan lingkungan.

Program CSR PE di sektor keberlanjutan energi dan lingkungan adalah Program Langit Biru. Melalui program tersebut perusahaan pada 2018 telah memberikan donasi kepada TMR berupa penyediaan stasiun listrik bertenaga surya, stasiun pengisian listrik, dan motor listrik.