PDIP Jombang Buka Pendaftaran Bacabup 2024

Pengurus PDIP Jombang saat memberikan keterangan pers pendaftaran bakal calon bupati untuk Pilkada 2024/RMOLJatim
Pengurus PDIP Jombang saat memberikan keterangan pers pendaftaran bakal calon bupati untuk Pilkada 2024/RMOLJatim

Menindaklanjuti intruksi dari DPP, DPC PDIP Kabupaten Jombang resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah atau bakal calon bupati (Bacabup). Pendaftaran dibuka mulai 26 April hingga 9 Mei 2024.


Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Jombang, Donny Anggun mengatakan pihaknya telah membentuk panitia pendaftaran bakal calon kepala daerah.

"PDIP mempersilakan para tokoh baik kader internal maupun eksternal untuk mendaftar dan tidak ada mahar," kata Donny, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Ia mengungkapkan bahwa proses penjaringan melalui pendaftaran bakal calon kepala daerah atau bakal calon bupati maupun wakil bupati merupakan mekanisme penjaringan calon yang diinstruksikan oleh DPP PDIP.

"Ini sesuai mekanisme yang diintruksikan oleh DPP PDIP, sehingga dibuka pendaftaran bakal calon kepala daerah," jelasnya.

Donny menegaskan sejauh ini pihaknya juga sudah melakukan komunikasi politik non formal dengan berbagai pihak untuk nenyaring berbagai informasi dan peluang kandidat bakal calon.

"Kami juga melakukan Komunikasi politik dengan teman-teman partai politik lainnya. Secara mekanisme PDIP sudah bisa mencalonkan sendiri," katanya.

Untuk kriteria, Donny menyebut PDIP secara tegas mensyaratkan bakal calon kandidat yang akan diusung berideologi Pancasila atau gambarannya Nasionalis Religius dan tidak terlibat dalam organisasi yang anti terhadap Pancasila.

"Jangan sampai bakal calon yang diusung nantinya anti terhadap Pancasila. Seusai AD/ART kami itulah yang paling utama," ujarnya.

Ia menambahkan kekuatan PDIP secara organisasi sangat kuat karena mempunyai basis massa hingga tingkat ranting dan atau anak ranting yang solid.Bahkan, PDIP Jombang pada Pemilu 2024 mendapatkan perolehan 147 ribu suara.

"Inilah yang dapat kami tawarkan kepada bakal calon kepala daerah. Dan kami juga siap bergotong royong untuk memenangkan Pilkada nantinya," jelasnya.

Sementara, terkait isu linear dengan koalisi nasional pada Pemilu 2024, Donny menyebut sejauh ini pihaknya berkomunikasi dengan sejumlah pihak dari berbagai elit politik di daerah.

"Kami harap bisa menjalin kerjasama politik dan dapat bergotongroyong. Harapannya semakin banyak pengusungnya semakin baik," katanya.