Shin Tae-yong Bangga Indonesia Lolos Olimpiade atau Korsel Juara Piala Asia U-23 2024?

Pelatih Shin Tae-yong/Ist
Pelatih Shin Tae-yong/Ist

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan komitmennya untuk Indonesia jelang Timnas U-23 Indonesia  melawan Korea Selatan (Korsel) pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4). 


"Memang posisi saya sekarang apa? Maksudnya pelatih kepala negara mana gitu?," kata Shin Tae-yong menjawab pertanyaan apakah dirinya lebih bangga melihat Indonesia lolos ke Olimpiade atau Korsel menjadi juara Piala Asia U-23 2024.

Pelatih 52 tahun itu akan tetap profesional dan berusaha supaya Indonesia bisa mengalahkan Korsel. 

Dengan melaju ke babak semifinal, Timnas U-23 Indonesia lebih dekat dengan targetnya, yakni meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024 mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade. Sementara itu, tim peringkat empat akan bertanding dengan wakil dari Afrika, Guinea.

Meski Korsel lebih diunggulkan meraih kemenangan atas Indonesia, tetapi Shin Tae-yong tidak merasa inferior. Shin Tae-yong bahkan merasa lebih tenang menghadapi Korsel, apalagi tim asuhannya punya waktu istirahat satu hari lebih banyak dari lawannya itu.

"Saya benar-benar tahu sekali lawannya (Korea Selatan) seperti apa," ucap pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.