Sambut Piala Dunia U-17 2023, Pemkot Surabaya Siapkan Berbagai Event Menarik

Persiapan hingga pembenahan di Stadion GBT Surabaya/RMOLJatim
Persiapan hingga pembenahan di Stadion GBT Surabaya/RMOLJatim

Pertama kali dalam sejarah, Kota Surabaya menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17 2023.  Rencananya, pertandingan bergengsi ini akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 10 November 2023 mendatang.


Dalam menyambut Piala Dunia U-17 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan berbagai persiapan, mulai pembenahan minor di Stadion GBT hingga menggelar event-event menarik untuk warga Kota Pahlawan. 

Nah, salah satunya pemkot akan menggelar lomba sepak bola antar kampung.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, agar euforia Piala Dunia U-17 semakin terasa, pemkot bakal menggelar lomba sepak bola antar kampung. 

Lomba sepak bola ini akan diikuti oleh seluruh warga Kota Surabaya, mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan. 

"Pertandingan sepak bola tingkat kampung juga akan kita gerakkan, sampai menuju (pertandingan) di tanggal 10 November 2023. Karena euforianya tanggal 10 November itu," kata Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai sidak di Stadion GBT, Senin, (18/9).

Selain itu, Wali Kota Eri menyampaikan, pemkot melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, juga telah berkoordinasi dengan FIFA membahas soal maskot Piala Dunia U-17 2023. 

Ia menyampaikan, Disbudporapar Kota Surabaya akan mengusulkan desain maskot Piala Dunia U-17 kepada FIFA. 

"Untuk maskot, kita memang menyesuaikan dulu, minta (saran) sama FIFA. Bentuke (desainnya) nggak boleh sama persis sama sebelumnya. Makanya kita gambar dulu, kita tunjukkan lalu diperbanyak dan akan dikerjakan oleh UMKM," ujarnya.

Sementara, Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, pekan ini mulai menyiapkan euforia menyambut pertandingan Piala Dunia U-17 2023. 

Agar euforianya semakin terasa kuat, Disbudporapar Kota Surabaya turut mengusulkan desain logo komposit dan menyiapkan event-event menarik selama pertandingan sepak bola bergengsi itu berlangsung. 

Wiwiek menyampaikan, Pemkot Surabaya akan menyiapkan desain logo komposit kemudian diusulkan kepada FIFA. Logo komposit ini, adalah logo pemkot yang nantinya akan disandingkan dengan piala FIFA. 

"Kita masih menyiapkan approval (persetujuan) terkait logo komposit ini. Kita kerjakan logonya, nantinya akan disandingkan dengan piala FIFA," kata Wiwiek.

Wiwiek menjelaskan, dalam rangka menyambut Piala Dunia U-17, pemkot tak hanya menggelar lomba sepak bola antar kampung. 

Saat ini, ia bersama jajarannya menyusun konsep acara trophy experience. Akan tetapi, konsep ini juga masih diusulkan terlebih dahulu kepada FIFA. 

Jika telah disetujui oleh FIFA, maka trofi Piala Dunia U-17 2023 akan diletakkan di tempat-tempat ikonik yang ada di Kota Surabaya. 

"Ada dua tempat, di Balai Pemuda (Alun-alun Suroboyo) atau di Taman Surya," jelas Wiwiek. 

Wiwiek berharap, digelarnya pertandingan Piala Dunia U-17 ini bisa dijadikan pemantik semangat bagi anak-anak muda Kota Pahlawan. 

"Spiritnya adalah bagaimana anak-anak muda di Surabaya, baik itu SMP, SMA itu benar-benar memiliki spirit dengan adanya olah raga (sepak bola) ini. Kita harus bangga ya, Surabaya dijadikan tempat, bahkan pembukaan Piala Dunia U-17 2023," pungkasnya.