Dibanding dengan tahun 2018, tahun ini jumlah penumpang lebaran naik 12%.
- PJB Resmikan PLTS Bawean
- Batara Spekta Tahap I Mulai Diundi, BTN Berhasil Gaet 1 Juta Nasabah Baru
- Industri Rumahan Gulung Tikar, Hadir Supermarket Spesialis Produk-produk UMKM
Dengan potensi penumpang naik yang termasuk 5 besar di Stasiun Wilayah Daop 8 Surabaya diantaranya Stasiun Surabaya Gubeng 200.688 orang, Pasarturi 124.274 orang, Stasiun Surabaya Kota 54.340 orang, Stasiun Malang 125.648 orang, dan Stasiun Sidoarjo sebanyak 52.415 orang.
Sedangkan jumlah penumpang yang turun di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya berjumlah total 765.554 orang, dengan potensi penumpang yang turun dengan urutan 5 besar di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, diantaranya Stasiun Surabaya Gubeng 179.107 orang, Stasiun Surabaya Pasarturi 133.172 orang, Stasiun Surabaya Kota 83.317 orang, Stasiun Malang 123.652 orang, dan Stasiun Sidoarjo 49.226 orang.
Lebih lanjut, Suprapto mengatakan, lonjakan jumlah penumpang tertinggi pada masa Angkutan Lebaran tahun ini di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terjadi pada tanggal 6 Juni 2019 atau H2 Lebaran yakni sebanyak 44.729 penumpang, dengan tujuan favorit ke arah Jakarta, Bandung dan kota-kota wisata seperti Yogyakarta, Semarang, dan Banyuwangi.
Sementara itu, untuk angkutan Mudik gratis kerjasama antara Pemprov Jatim dan PT KAI Daop 8 Surabaya yang diselenggarakan dari tanggal 28 Mei (H-8) sampaj dengan 12 Juni 2019 (H+6) telah mengangkut sebanyak 172.824 penumpang.
Jumlah ini terdiri dari penumpang arus mudik pada tanggal 28 Mei (H-8) sampai dengan 4 Juni 2019 (H-1) dengan jumlah 88.173 penumpang, dimana pola operasional kereta api di wilayah Kota-kota Jatim.
Sedangkan untuk angkutan Balik Gratis dimulai dari Tanggal 7 sampai dengan 12 Juni 2019 telah mengangkut sebanyak 84.651 penumpang dengan pola operasional kereta api di wilayah Kota-kota Jawa Timur.
Secara umum, kegiatan pelayanan angkutan lebaran 2019 di PT KAI Daop 8 Surabaya berjalan lancar, aman, dan terkendali.
"PT KAI Daop 8 Surabaya selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik baik seluruh penumpang KA dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan, baik penumpang maupun perjalanan KA. Berbagai penambahan fasilitas layanan kepada para penumpang telah dilakukan," tuturnya.[isa/aji]
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Airlangga Beberkan Rencana Insentif Sektor Perhotelan Dan Pariwisata
- Kemendag: Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang Cetak Transaksi USD 12 Juta
- Ekonomi Terjun Bebas, Indikasi Bansos Pemerintah Tidak Tepat Sasaran