Kereta Api Jadi Pilihan Utama Masyarakat Madiun Selama Libur Nataru

Suasana stasiun kereta api Madiun/RMOLJatim
Suasana stasiun kereta api Madiun/RMOLJatim

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, PT KAI Daop 7 Madiun mencatatkan tingginya jumlah masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi.


Dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, sebanyak 86.414 pelanggan tercatat menggunakan kereta api keberangkatan Daop 7 Madiun. Angka ini mencapai 141% dari kapasitas yang tersedia, yaitu 61.082 tempat duduk. 

Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan yang menggunakan kereta api selama libur Nataru karena secara tidak langsung mereka telah berkontribusi dalam mengurangi polusi dan jejak karbon.

“Kereta api bukan hanya moda transportasi yang ramah lingkungan, tetapi juga solusi nyata untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik bagi generasi mendatang,” kata Kuswardojo, Kamis (2/1). 

Kuswardoyo menambahkan, pilihan ini tidak hanya dikarenakan kereta api memberikan kenyamanan perjalanan, tetapi juga sejalan dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dimana kereta api merupakan salah satu transportasi yang ramah lingkungan.

Selain mendukung SDGs melalui layanan transportasi ramah lingkungan, KAI juga terus mengembangkan inovasi berkelanjutan lainnya.

Salah satu program unggulan adalah implementasi teknologi boarding face recognition, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan proses boarding secara cepat dan efisien tanpa memerlukan tiket fisik.

Langkah ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga mengurangi penggunaan kertas dan mendukung prinsip ramah lingkungan.

"Penggunajasa kereta api tidak perlu kawatir, jika di wilayahnya masih belum terdapat fitur boading face recognition, masih dapat berkontribusi untuk menggurangi penggunaan kertas melalui memafaatkan e-boarding yang terdapat di aplikasi Acces by KAI," jelasnya.

PT KAI berkomitmen untuk terus memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat sekaligus berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Melalui berbagai program dan inovasi, PT KAI berharap dapat meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia, mendukung mobilitas masyarakat, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Kami senantiasa mengedepankan prinsip berkelanjutan dalam setiap inovasi yang kami lakukan. Dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan kereta api, kami optimistis dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian SDGs di Indonesia," ujarnya. 

PT KAI mengajak masyarakat untuk terus mendukung penggunaan transportasi publik demi masa depan yang lebih baik, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

ikuti terus update berita rmoljatim di google news