PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express.
- Karnaval Becak Hias Meriahkan Bulan Kemerdekaan di Jember
- Operasi Patuh Semeru Kembali Dimulai, Polrestabes Surabaya Luncurkan Aplikasi Aplikasi Elektronik Teguran
- Minyak Goreng Curah di Atas HET, DPRD Ponorogo Desak Pemkab Segera Lakukan Operasi Pasar
Rail Express merupakan bagian dari peningkatan layanan angkutan barang KAI saat belum maksimalnya kinerja angkutan penumpang di tengah pandemi Covid-19. Rail Express melayani jasa angkutan retail station to station dengan harga terjangkau semakin diminati masyarakat.
“Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, aman. Dengan hadirnya layanan Rail Express ini, kami harap dapat membantu urusan pengiriman logistik masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru dengan murah, cepat, dan aman,” jelas Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kamis (23/7).
Pada periode Juni 2020, lanjut Ixfan, KAI telah melayani 10.581 ton barang retail, naik 73% dibanding Mei 2020 sebesar 6.103 ton.
Salah satu keunggulan Rail Express yakni tarifnya murah, misalnya untuk rute Jakarta ke Bandung tarifnya hanya Rp600/kg, Jakarta ke Surabaya cuma Rp1.500/kg dan Jakarta ke Malang cuma Rp1.700/kg. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.
“Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” tutur Ixfan.
Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail diantaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.
Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.
Beberapa bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express pada Juni yaitu tahu susu, sebanyak 327 ton, dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan Jombang dengan tujuan DKI Jakarta; kebab sebanyak 48 ton, dari daerah pengiriman Surabaya menuju Jakarta dan makanan kemasan, sebanyak 47 ton, dari dan menuju berbagai wilayah lainya.
Data yang ada, selama bulan Juni angkutan pangan yang telah dilayani sebanyak 693 ton, meningkat 49% dibanding bulan Mei sebanyak 464 ton.
Cara pengiriman Ixfan menjelaskan pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan. Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa
“Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan,” tambah Ixfan.
Pelanggan tidak perlu khawatir untuk mempercayakan pengiriman barang melalui Rail Express, sebab KAI senantiasa menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.
Pada loket pelayanan Rail Express, KAI menerapkan social distancing, menyediakan fasilitas cuci tangan dan handsanitizer, petugas wajib menggunakan masker dan rutin diperiksa kesehatannya.
Di samping itu, petugas tetap melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Rail Express, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021) 121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Hadiri Launching Bantuan Sembako, Bupati Bondowoso Sambut Baik Terobosan Kemensos
- Enam Organisasi Profesi Kesehatan Jombang Sepakat Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law
- Bagikan 77 Ribu Bendera Merah Putih Gratis, Gubernur Khofifah: Ayo Kibarkan Satu Tiang Penuh Hingga 31 Agustus