Gali Potensi, Pelindo III Gelar Adu Inovasi Antar Pegawai

Untuk menggali potensi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, dalam industri kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar ajang adu kreativitas dan inovasi dengan nama Inno Reactivation.


“Semua inovasi dalam bidang teknologi dan informasi yang dirancang dan dihadirkan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal Pelindo III tapi yang terpenting adalah menghadirkan layanan yang bisa dirasakan langsung untuk eksternal perusahaan, terutama para pengguna jasa,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (1/2).

Pelindo III, lanjutnya, terus berupaya untuk relevan dengan perkembangan zaman menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi dan informasi. Ada yang untuk internal tapi ada juga yang untuk eksternal terutama pelanggan jasa.

“Yang terpenting adalah bagaimana para pengguna jasa bisa merasakan langsung kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien sehingga produksi mereka juga bisa meningkat. Hal ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Ke depan, kata Doso Agung, Inno Reactivation akan terus digelar oleh Pelindo III guna terus menggali ide dan inovasi layanan karya pelindo III. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna jasa menikmati fasilitas Pelindo III sekaligus meningkatkan pendapatan Pelindo III. Apalagi, Pelindo III ke depan memiliki visi menjadi Smart Port dengan berbagai layanan berbasis teknologi dan informasi.

Sementara itu ketua ALFI Jawa Timur, Hengky Pratoko, mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasanya. Hal ini membuat proses kegiatan kepelabuhanan lebih efisien, cepat, dan mudah. Dirinya pun berharap acara seperti ini terus digelar setiap tahunnya dan menggandeng perwakilan pengguna jasa sehingga bisa saling memberikan masukan dan ide bagi kemajuan pelabuhan di Indonesia.

“Kami perwakilan pengguna jasa mengapresiasi Pelindo III dalam memberikan layanan kepada kami terutama beberapa inovasinya yang berbasis teknologi dan informasi sehingga semua proses kepelabuhanan yang kami ajukan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya dengan smartphone. Kami berharap komunikasi seperti ini tetap rutin digelar agar ada tukar ide dan masukan antara penggunan jasa dan operator pelabuhan khususnya Pelindo III,” pungkasnya.