Tebu Ireng Tidak Akan Kehilangan Tokoh yang Mampu Kelola Ponpes Seperti Gus Sholah

Rombongan DPP dan DPW Partai NasDem Jatim melakukan ziarah ke makam KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.


Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah, menjelaskan kegiatan ini dilakukan guna mendoakan tokoh nasional tersebut sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga besar KH Hasyim Asy'ari. 

"Gus Sholah merupakan sosok intelektual dan juga ulama serta budayawan. Kami mengaku sangat kehilangan tokoh yang selalu memikirkan bagaimana pendidikan nasional dan tingkat bawah sampai tingkat perguruan tinggi ini Gus Sholah punya konsep di bidang tersebut," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (8/2).

Gus Sholah juga dianggap sebagai sosok yang menjunjung pluralisme. Tidak hanya di orang-orang yang beragama Islam, tapi juga menaungi orang-orang yang diluar agama Islam. Sikap Gus Sholah tersebut sama persis dengan Gus Dur.

"Satu hal dari Gus Sholah ini adalah ketekunan beliau dalam bidang pendidikan. Beliau juga menginspirasi para milenial bahwa mereka harus bekerja keras, konsisten dan tidak lupa dengan nilai-nilai keagamaan," imbuhnya.

Terkait harapan kedepan atas suksesi keberlanjutan kepemimpinan di Ponpes Tebuireng, Charles melihat bahwa Ponpes Tebuireng tidak kehilangan tokoh-tokoh yang mampu mengelola ponpes ini dengan baik. Semuanya sudah dipersiapkan oleh pihak keluarga Ponpes Tebuireng.

"Dari apa yang disampaikan Gus Kikin (pengasuh ponpes KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin), semua sudah dipersiapkan. Jadi kami yakin Tebuireng ke depan, sepeninggal Gus Sholah akan tetap berjaya dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan, moral dan kebangsaan," tandasnya.

Selain bertakziah ke Ponpes Tebuireng, rombongan DPP dan DPW Partai NasDem Jatim juga bersilaturahmi ke Ponpes Mamba'ul Ma'arif, atau yang lebih dikenal dengan Pondok Denanyar di Jalan Bisri Syansuri, Denanyar Selatan, Denanyar, Kecamatan Jombang dan Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, terletak di Dusun Tambakberas, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang.