Antisipasi Puncak Covid-19, Fraksi Demokrat Desak Pemprov Jatim Bangun Rumah Sakit Darurat

Antisipasi puncak sebaran Covid-19 di Jatim, Dewan Jatim mendesak Pemprov untuk mendirikan rumah sakit darurat Covid-19. Pendirian rumah sakit tersebut, bisa memanfaatkan beberapa Gedung yang dimiliki pemerintah yang tersebar di Jatim.


“Saya mengambil contoh di Jakarta dibangun rumah sakit darurat Covid-19 dengan memanfaatkan wisma atlet. Di Jatim banyak sekali Gedung milik Pemprov seperti wisma atlet atau obvit lainnya yang dikelola Pemprov maupun Pemkab/Pemkot untuk rumah sakit darurat covid-19,”ungkap anggota DPRD Jatim Agung Mulyono saat dkonfirmasi di Surabaya, Senin (6/4).

Selain itu, kata pria yang berlatar belakang dokter asal Banyuwangi ini, selain menyiapkan rumah sakit darurat tersebut, nantinya juga dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan khusus yang menangani Covid-19.

“Selama ini pasien Covid-19 dirujuk di semua rumah sakit di seluruh Jatim. Padahal disitu juga dirawat pasien sakit umum atau pasien penyakit lainnya di luar Covid-19. Sekarang ini ketakutan masyarakat untuk datang kerumah sakit, karena kawatir tertular Covid-19. Harus ada rumah sakit darurat dan tenaga medis khusus yang merawat pasien Covid-19,” sambung pria yang juga anggota fraksi Demokrat DPRD Jatim.


Keberadaan rumah sakit darurat Covid-19 tersebut sangat mendesak segera didirikan.

“Ini sebagai Langkah antisipasi saja menjelang puncak sebaran Covid-19. Kalau tidak terpakai tentunya gubernur sukses mengatasi Covid-19 atau jika terpakai nantinya juga gubernur sudah sukses untuk mengantisipasinya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Badan Intelijen Negara (BIN), memprediksi penyebaran Covid-19 akan mengalami puncaknya pada Juli 2020. Diprediksi, penyebaran Covid-19 akan mencapai 106.287 kasus.