Sebanyak 99 persen usaha di Indonesia berskala usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Artinya, apa yang terjadi pada UMKM akan sangat berpengaruh terhadap yang lain. Sektor ini menjadi sangat vital dalam menopang perekonomian nasional.
- BLC Desa Tanggulwelahan Menang di Even Nusantara Festival Koperasi dan UMKM 2022
- Mudahkan Masyarakat Dapatkan RUmah, bank bjb Gelar Akad Massal 5.500 NoA KPR Sejahtera FLPP
- Teken MoU Dengan 17 Perusahaan Mitra, PT AMKA Bangun Bukit Algoritma Senilai Rp 18 Triliun
Hal ini disampaikan dosen Teknik Industri Universitas Trunojoyo, Achmad Mughni dalam webinar bertajuk ‘Ekonomi Lesu, Sanggupkah UMKM Bertahan’ yang diselenggarakan Technoe Institute seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (27/6).
Menurut Mughni, beberapa strategi bisa dilakukan pelaku UMKM untuk tetap bertahan dalam situasi sulit saat ini.
Setiap UMKM, kata dia, memiliki karakteristik yang berbeda. Artinya, perlakuan berbeda pada setiap UMKM menjadi keniscayaan.
“Tapi ada satu poin yang sama, pelaku usaha harus mampu mengubah setiap potensi menjadi daya aktif untuk berkembang,” ujarnya.
Dia melanjutkan, pandemi seperti saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Bagi dunia usaha, situasi ini menjadi hal yang benar-benar baru dan harus dijawab serius. Inovasi, menurut Mughni, mutlak diperlukan dan harus terus digali pelaku UMKM.
“Saya sepakat bahwa salah satu yang paling penting di saat krisis seperti ini adalah leadership,” ujar dia.
Mughni menambahkan, pelaku usaha perlu melek dengan dunia digital. Zaman yang berubah memaksa pelaku UMKM untuk terus ikut berubah.
Namun, menurut dia, itu pun tak cukup. Semua pelaku UMKM perlu menjalankan bisnisnya dengan berbasis data.
“Era saat ini mengharuskan data dan digitalisasi untuk ‘dikawinkan’,” tandasnya.
- bank bjb dan Len Railway Systems Berkolaborasi, Permudah Layanan Bank Pegawai BUMN
- Di Hadapan Delegasi B20, SIER Pamerkan Kawasan Industri yang Berkelanjutan
- BTN-Semen Indonesia Kerja Sama Pemberian Fasilitas Distributor Financing