Polres Madiun Gelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Malam Satu Suro

Apel kesiapan pasukan pengamanan Malam Satu Suro dan Satu Suro tahun 2020/Istimewa
Apel kesiapan pasukan pengamanan Malam Satu Suro dan Satu Suro tahun 2020/Istimewa

Polres Madiun gelar apel kesiapan pasukan pengamanan Malam Satu Suro dan Satu Suro tahun 2020 di lapangan Tri Brata Mapolres Madiun, Selasa (18/8).


Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan meskipun seluruh perguruan silat di Madiun sepakat untuk tidak mengadakan kegiatan peringatan Malam Satu Suro dan Satu Suro yang mendatangkan massa, namun aparat Polres Madiun tetap siaga dan mempersiapkan personel demi menciptakan Kamtibmas yang kondusif. 

"Kita siap melaksanakan pengamanan dengan kekuatan 1060 personel dari unsur TNI-Polri dan instansi terkait," kata Kapolres. 

Sementara itu, Dandim 0803 Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto yang ikut hadir dalam gelaran apel tersebut menambahkan, bahwa pelaksanan peringatan Suro tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tidak ada pelaksanaan terpusat, tetapi kegiatan hanya dilakukan di ranting untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Meski begitu, lanjut Dandim, TNI-Polri dan Pemerintah siap melaksanakan pengamanan di bulan Suro. 

Dandim menjelaskan, di setiap ranting akan ditempatkan personel TNI-Polri yang bertugas mengamankan kegiatan sekaligus menjaga dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan. 

"Jadi, personel selain melakukan penyekatan juga memantau pelaksanaan protokol kesehatan di tiap-tiap ranting," ungkap Dandim. 

Sekedar diketahui, sebanyak 1060 personel gabungan akan ditempatkan di 8 titik strategis seperti di pintu masuk perbatasan mulai Ngawi, Ponorogo, Magetan dan Nganjuk. 

Selain itu, aparat juga melakukan penyekatan dan patroli guna mengantisipasi apabila anggota perguruan tetap nekat datang ke wilayah Madiun. 

Kapolres mengatakan, sebagai langkah antisipasi kejadian yang tidak diinginkan terutama di lokasi yang sering terjadi gesekan antar perguruan silat, sejumlah personel juga disiagakan untuk memperkuat supaya tidak ada provokasi seperti pelemparan.