Dua Pasang Bacalon Bupati Blitar Selesai Jalani Tes Kesehatan

Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar dalam pilkada 2020 sudah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Syaiful Anwar, Malang (09/09). Pemeriksaan kesehatan berlangsung hampir selama 9 jam.


"Pemeriksaan mulai tanggal 8 hingga 10 September di RSUD Syaiful Anwar," ungkap Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso pada RMOLJatim, melalui sambungan telepon, Rabu (09/09).

Pemeriksaan kesehatan mulai kemarin pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Namun semua bacalon sudah harus berada di RSUD Saiful Anwar Malang pukul 07.00 WIB sejak kemarin. 

Hari pertama pemeriksaan kesehatan dan bebas narkoba dan hari kedua tes psikologi untuk kedua bapaslon.

Tes kesehatan pada calon pemimpin daerah ini dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HPI) serta Badan Narkotika Nasional (BNN Jawa Timur).

"Rangkaian tes kesehatan ini meliputi sejumlah tahapan,  mulai pemeriksaan laboratorium radiologi hingga jantung," ungkap Hadi.

Kedua Bapaslon Kabupaten Blitar,  yakni pasangan Rinato-Marhaenis UW dan Rini Syarifah dengan Rahmat Santoso.

"Kalau Kabupaten Blitar kebetulan waktunya bersamaan selama dua hari, sehingga sudah cepat selesai, kemungkinan malam ini sudah pulang," terang mantan Panwaslu Kabupaten Blitar ini. 

Untuk pengumuman hasil tes akan dilakukan pada 12 September mendatang. Ini sebagai syarat administrasi bakal calon yang akan dilakukan virifikasi dokumen pada 13 September.