Pilkada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Tim Medis Disiagakan di TPS

Simulasi pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Banyuwangi/RMOLJatim
Simulasi pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Banyuwangi/RMOLJatim

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di masa adaptasi kebiasaan baru dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Termasuk menyiagakan tim medis di Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Pernyataan ini disampaikan Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo usai memimpin Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) Pilkada Serentak tahun 2020 di Taman Sritanjung Banyuwangi, Rabu (16/9).

Dikatakannya, dengan latihan ini diharapkan seluruh masyarakat, petugas pengamanan, dan penyelenggara pemilu wajib mematuhi protokol kesehatan. Ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

"Termasuk menyiapkan tim medis (siaga) di TPS. Kesiapan menjalankan protokol kesehatan itu wajib harus ada setiap tahapan. Ini patokan yang harus dilaksanakan saat pentahapan Pilkada," ujar Jenderal bintang satu yang sebelumnya menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri ini.

Sebab, kata dia, Pilkada Serentak tahun 2020 ini berbeda situasinya dengan pemilu tahun sebelumnya. Oleh karenanya, disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan dianjurkan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun.

"Latihan tadi, menggambarkan kesiapan unsur terkait pengamanan dan penyelenggara pemilu di Banyuwangi betul-betul menyiapkan diri," imbuh Brigjen Slamet dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara itu, untuk memastikan pengamanan Pilkada 2020 di Jawa Timur, sejumlah 250 ribu aparat gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Brimob, Satpol-PP, Dinas Perhubungan untuk saling bersinergi.

"250 ribu untuk Jawa Timur, sinergi antara TNI-Polri dan aparat yang lain untuk bisa bersinergi di dalam memberikan pengamanan," katanya.

"Tak kalah penting, mari kita jaga Banyuwangi agar tetap kondusif. Sayang kalau tidak bisa saling menjaga terkait masalah Pilkada yang berdampak kepada situasi Kamtibmas di Banyuwangi," pesan mantan Kapolres Banyuwangi tahun 2010 ini.[haf]