Ribuan Vaksin Akan Tiba Di Kabupaten Probolinggo Pada Februari

 Ilustrasi Vaksin Sinovac/Net
Ilustrasi Vaksin Sinovac/Net

Ribuan vaksin covid-19 akan diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pada bulan Februari 2021 mendatang. Sebab, Kabupaten Probolinggo masuk termin kedua dalam penerimaan vaksin.


"Insyallah bulan dua (Februari 2021) ini, Vaksin Sinovac sudah tiba di Kabupaten Probolinggo," jelas Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Dewi Veronica pada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (11/01).

Menurutnya, ada ribuan vaksin Covid-19 yang nantinya akan tiba di Kabupaten Probolinggo. Sehingga, vaksin Sinovac tersebut, siap disuntikan pada sejumlah orang yang sudah terdaftar.

"Untuk Kabupaten Probolinggo, tidak masuk di 14 Januari (Penyuntikan Vaksin). yang serentak ini Surabaya raya dulu. Termin kedua untuk Kabupaten Probolinggo," paparnya.

dr Dewi melanjutkan, Vaksin Sinovac tersebut sebagai antibodi sistem kekebalan tubuh, dan mencegah agar tidak terkena virus Covid-19 yang hingga kini masih terus masive.

"Tujuan utama vaksinasi Covid-19 adalah mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian karena Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” sebut dia.

Vaksin Sinovac sendiri masih katanya, akan membuat tubuh mengenal virus/bakteri yang akan masuk ke tubuh kita, sehingga bila terpapar virus tersebut, tubuh kita tidak menjadi sakit atau sakit ringan. Cakupan imunisasi yang tinggi akan membentuk herd imunity.

“Jadi, herd imunity hanya dapat terbentuk jika sebagian besar masyarakat sudah mempunyai kekebalan (sebagian besar sudah divaksinasi), sehingga dapat mencegah penularan dan keparahan penyakit,” jelasnya.

Tetapi perlu dipahami jelas Dewi, bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada tubuh kita. Yang dapat mencegah virus Covid-19 mauk ke tubuh yaitu protokol kesehatan, sehingga vaksinasi Covid-19 plus 5M merupakan upaya yang sangat penting dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

“Tetap berfikir baik, berniat baik, agar apa yang kita lakukan juga menghasilkan sesuatu yang baik. Mari bersama-sama segera kita sehatkan negeri ini, lakukan 3M + vaksinasi + 3T, agar kesehatan segera pulih, ekonomi bangkit,” pungkasnya.