Tertimpa Longsoran Pasir Batu, Kuli Truck di Probolinggo Tewas

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Suhan (49), warga Glagah Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo, tewas tertimpa longsoran pasir batu di area sungai Pancar Glagas. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (14/1), sekitar pukul 14.15 WIB.


Berdasarkan informasi yang dihimpun Kantor Berita RMOLJatim, kejadian itu bermula saat Suhan sedang melakukan pekerjaan seperti biasanya. Yakni menggali pasir dan batu yang berada di dinding tanah setinggi 5 meter, tepatnya di Dusun Nyato Rt 02, Rw 02 Desa setempat. Dengan menggunakan peralatan yang biasa dipakainya, seperti sekop, linggis dan rojong. 

Kemudian hasil pasir dan batu yang digali tersebut langsung di naikan ke atas truck yang sebelumnya sudah siap mengangkut. Namun nahas, setelah bak truck hampir penuh dengan galian tersebut tiba-tiba dinding tanah yang menjulang tinggi tersebut longsor, dan menimpanya. 

"Saat itu posisi korban sedang membungkuk merojong sirtu di samping kanan truk. Sehingga tertimpa pasir dan batu dari atas tebing yg longsor dan korban tertimbun," jelasnya Kapolsek Pakuniran AKP Habi Sutopo.

Selain korban, dilokasi itu terdapat 4 teman lainnya. Namun, ketiga teman korban berhasil menyelamatkan diri dari longsoran batu.

"Korban tidak sendirian, melainkan bersama empat orang temannya," katanya.

Akibat timbunan tersebut korban tidak bisa bernafas, ketika di evakuasi juga terdapat bekas luka lecet pada dahi dan kakinya yang di duga terkena bebatuan tersebut. Sedangkan keempat temannya yang lain berhasil menghindar dari longsoran tanah yang datang secara tiba-tiba itu, sehingga keempatnya selamat. 

"Keluarga korban menolak untuk dilakukan otopsi karena sudah menerima, kalau kematian korban akibat musibah. Dan sudah ada surat penolakan visumnya," pungkasnya.