Menuju Zona Kuning, Pemkab Lumajang Gencar Lakukan Rapid Antigen

Jajaran Forkopimda Lumajang gelar operasi yustisi dan tes antigen kepada sopir angkot, kernet dan penumpang dari luar Lumajang/RMOLJatim
Jajaran Forkopimda Lumajang gelar operasi yustisi dan tes antigen kepada sopir angkot, kernet dan penumpang dari luar Lumajang/RMOLJatim

Pemkab Lumajang menggelar operasi yustisi dan tes antigen di Kawasan Terminal Minak Koncar Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Senin (8/2).


Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, guna menegakkan protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Lumajang, Forkopimda melakukan tracing dan tracking kepada orang-orang yang melalui jalur maupun yang akan menuju Wilayah Kabupaten Lumajang, salah satu titiknya di terminal.

Selanjutnya, Bupati Lumajang bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang meminta untuk memastikan bahwa seluruh yang melayani transportasi antar kabupaten betul-betul aman dari Covid-19.

"Hari ini yang dirapid tes antigen salah satunya sopir, kondektur dan kernet, termasuk juga secara acak penumpang yang dari luar kota diminta untuk rapid antigen. Setelah nanti hasil keluar terdapat yang positif maka diminta untuk melakukan isolasi mandiri," ujarnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (8/2)

Selain itu, masih Bupati Lumajang, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang berangsur menurun, baik yang positif maupun jumlah tempat tidur di rumah sakit yang kosong sudah mencapai 56%. Untuk itu, Kabupaten Lumajang saat ini sudah semakin baik dengan berada di zona orange yang menuju kearah zona kuning.

"Hal baik ini harus terus kita jaga. Saya, Dandim 0821, Kapolres dibantu Danyon 527, bersama jajaran TNI-POLRI, melakukan langkah-langkah yang preventif. Prinsipnya, kondisi yang baik ini harus tetap kita pertahankan. Semoga kita segera berada di zona kuning," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang mengungkapkan, bahwa tiga pilar akan terus berkolaborasi dan selalu aktif untuk melaksanakan Operasi Yustisi dan Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19 di semua tempat-tempat keramaian, guna mengantisipasi dan mengurangi penyebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Lumajang.

"Termasuk hari ini telah diambil sampel atau contoh terhadap masyarakat Lumajang yang bepergian dari luar dengan dirapid tes antigen. Ke depan juga akan ada operasi seperti ini di tempat-tempat keramaian lain yang dilakukan secara acak," tandasnya.(Pri) R]