HPN 2021, Pers Menjadi Titik Balik Melawan Hoaks Medsos 

Ketua DPD PKS Kabupaten Ngawi, Haryanto/RMOLJatim
Ketua DPD PKS Kabupaten Ngawi, Haryanto/RMOLJatim

Kehadiran pers sangat dibutuhkan untuk melawan hoaks di tengah pesatnya arus penyebaran informasi yang tak terbatas saat ini.  


Demikian disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Ngawi, Haryanto di Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Menurutnya, pers harus hadir sebagai salah satu pilar demokrasi dan kehadirannya senantiasa menjaga akan marwahnya yang independensi dan idealisme pada profesi. Sehingga bisa berdiri tegak di tengah derasnya perubahan informasi di era digital.

"Harapannya insan pers sebagai pilar penting dalam demokrasi. Sehingga harus tetap independen serta kritis menyikapi permasalahan secara fair tanpa tendensi," terang Haryanto pada awak media, Rabu (10/2).

Haryanto menambahkan, pers harus menyajikan informasi yang terukur, obyektif menyesuaikan kode etik jurnalistik. Peran seperti itulah sebagai penyeimbang atas gempuran media sosial (medsos) yang makin agresif.  

"Informasi yang diterima masyarakat dari para kuli tinta tentunya sangat faktual. Beda sekali dengan kabar di Medsos kadang malah membingungkan karena hadir dari sumber yang tidak jelas. Makanya peran pers menjadi titik balik," tegas pria yang saat ini duduk di legislatif berada di Komisi I DPRD Ngawi.

Haryanto menjelaskan, di tengah keprihatinan pandemi Covid-19 peran pers tampil di garda terdepan. Di saat masyarakat sudah jenuh yang pada gilirannya mengabaikan prokes maka insan pers bisa mengambil peran dalam memberikan edukasi tentang bahaya sebenarnya Covid-19.