Ingin Bebas Dari Covid-19, Warga Perumahan Di Sidoarjo Terapkan PPKM Mikro Mandiri

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji saat tinjau perumahan yang terapkan PPKM Mikro Mandiri/RMOLJatim
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji saat tinjau perumahan yang terapkan PPKM Mikro Mandiri/RMOLJatim

Warga perumahan Taman Pondok Jati Taman, Sidoarjo sadar bahaya Covid-19 yang masih mengancam. Warga perumahan tersebut berharap tempat tinggalnya bebas dari Covid-19. Atas dasar itu masyarakat perumahan Taman Pondok Jati sepakat menerapkan PPKM skala mikro di tempat tinggalnya.


Pemeriksaan rapid test antigen dilakukan kepada seluruh warga RW 4 yang tinggal di perumahan itu. Pelaksanaan PPKM skala mikro di perumahan tersebut mendapat kunjungan Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono serta Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, Jumat (12/2).

“Langkah seperti ini akan menjadi contoh masyarakat lain yang ingin tempat tinggalnya bebas dari Covid-19,”kata Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono dikutip Kantor Berita RMOLJatim disela-sela meninjau lokasi PPKM Mikro.

Menurutnya, dampak PPKM skala Mikro terhadap penurunan kasus Covid-19 sangat signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pasien baru Covid-19 yang ada di rumah sakit.  Angkanya terus menurun. Dari 120 persen menurun sampai 60 persen. Untuk itu dirinya berharap masyarakat tetap kompak memerangi penyebaran Covid-19.

“Seperti yang dilakukan melalui kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Pj. bupati yang akrab disapa Cak Hud ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sidoarjo untuk nantinya bersedia divaksin. Menurutnya vaksin merupakan benteng terakhir mencegah penularan Covid-19. Namun meski begitu masyarakat tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui 3M. Memakai masker, Mencuci tangan memakai sabun dan Menjaga jarak.

“Vaksin ini benteng terakhir mencegah penularan covid-19,” tukasnya.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan, pihaknya akan mengawal kegiatan PPKM skala mikro seperti ini. Dirinya juga mengapresiasi warga perumahan Taman Pondok Jati yang secara mandiri menerapkan PPKM skala mikro.

Menurutnya hal tersebut sangat luar biasa. Pasalnya dibutuhkan semangat dan kesabaran serta perjuangan yang berat untuk memerangi Covid-19 melalui langkah seperti ini. Dikatakannya kegiatan seperti ini merupakan menjadi bagian dari penguatan optimalisasi kampung tangguh.

Sumardji mengungkapkan, saat ini tengah dilakukan penyekatan di semua titik yang menuju Kabupaten Sidoarjo. Pihaknya akan melakukan rapid test antigen kepada masyarakat luar Sidoarjo yang masuk ke Sidoarjo. Sampai pukul 10:00 WIB, sudah ada 150 orang dari luar Sidoarjo yang di rapid test antigen.

Dikatakannya lonjakan kasus Covid-19 di saat hari liburan sangat tinggi. Oleh karenanya dirinya bersama personil gabungan terjun langsung melakukan penyekatan-penyekatan.

“Penyekatan di titik-titik perbatasan Kabupaten Sidoarjo untuk mencegah penyebaran Covid-19. Langkah tersebut dilakukan juga untuk membatasi mobilisasi masyarakat,” terang Kombes Pol Sumardji.

Terpisah, Ketua RW Perumahan Taman Pondok Jati, Wisnu Irawan mengatakan, saat ini wilayahnya termasuk dalam zona orange. Upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di tempatnya terus dilakukan. Sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 juga terus dilakukan kepada warganya. Upaya nyata menekan Covid-19 dilakukan dengan penyemprotan desinfektan yang dilakukan tiap Minggu.

“Hari ini, rapid test antigen juga dilakukan kepada seluruh warga,” tandasnya.