PPKM Mikro Harus Konsisten Dijalankan Jika Mau Cegah Penularan Covid-19

Ketua DPD Golkar Jawa Timur Sarmuji/Ist
Ketua DPD Golkar Jawa Timur Sarmuji/Ist

Ketua DPD Golkar Jawa Timur Sarmuji meminta agar Pemprov Jawa Timur konsisten melaksanakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di Jatim yang dimulai 9 Februari 2021. 


Menurutnya, konsistensi dalam menerapkan protokol kesehatan sampai ke masyarakat bawah sangat penting untuk melandaikan kasus baru Covid-19 di Jatim.

"PPKM mikro itu bagus tetapi harus konsisten," kata Sarmuji pada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (11/2) kemarin.

Dia mengatakan, dengan konsisten menegakkan aturan, maka semua masyarakat akan taat menerapkan protokol kesehatan. Karena itu, Pemprov Jatim diminta aktif untuk sosialisisai kebijakan PPKM sampai ke masyarakat bawah.

"Konsisten itu penting, mau PPKM, PSBB dan PPKM mikro bagus tetapi harus konsisten," tambahnya.

Sarmuji mencontohkan, penegakan aturan PPKM mikro harus sampai pada level bawah. Salah satunya adalah kegiatan masyarakat harus selalu dikontrol agar tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Sekali lagi harus konsisten dengan ppkm mikro warga paling bawah misalkan menggelar tahlilan harus memperhatikan protokol kesehatan," tambahnya.

Dia khawatir, PPKM mikro tersebut tidak akan berjalan maksimal jika tidak diikuti penyadaran disiplin yang tinggi. Akibatnya, kasus baru Covid-19 dikhawatirkan akan semakin meningkat.

"Kalau tanpa konsistensi sama saja.  Nama ya tinggal nama," tegasya.