Tinjau Vaksinasi di Jombang, Presiden Jokowi: Vaksin AstraZeneca Halal dan Tayyib

Presiden Joko Widodo tinjau vaksinasi di Kabupaten Jombang/Ist
Presiden Joko Widodo tinjau vaksinasi di Kabupaten Jombang/Ist

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Jombang disambut dengan sholawat oleh para santri. Kepala negara meninjau vaksinasi para tokoh, ulama dan santri di Pendopo Kabupaten Jombang dan juga melalui virtual vaksin serentak.


Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mereka disambut oleh Bupati Mundjidah dan Forkopimda, serta para tokoh, ulama Kabupaten Jombang.

Sasaran kegiatan vaksinasi adalah ulama, tokoh lintas agama, santri, petugas dan pekerja publik. Selain itu, vaksinasi serupa juga digelar serentak di 21 kecamatan setempat yang juga dipantau presiden melalui virtual conference video.

“Semua sudah berjalan lancar mulai dari registrasi, penyaringan, vaksinasi, penyuntikan, dan observasi," kata Presiden saat memberikan keterangan pers selepas peninjauan dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (23/3).

Presiden Joko Widodo menyebut vaksin halal dan aman digunakan berdasarkan yang disampaikan para kiai dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Timur, bahwa vaksin AstraZeneca dapat digunakan dalam program vaksinasi massal yang digulirkan pemerintah.

“Tadi saya juga bertemu dengan para kiai sepuh dan kiai dari MUI Jawa Timur yang menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca bisa digunakan, halal, dan tayyib," tutur Jokowi.

Sehingga pemerintah berencana untuk mempercepat distribusi vaksin ke semua daerah, supaya pelaksanaan vaksin segera terlaksana di masing-masing daerah. Distribusi vaksin Propinsi Jawa Timur dan ke daerah Kabupaten/Kota harus dipercepat.

“Agar pelaksanaan vaksin bisa dipercepat untuk pondok-pondok pesantren, kiai, santri, petugas, dan pelayan publik," imbuh Presiden.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Jombang, sekira pukul 17.00 WIB mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo ini beserta rombongan bergerak menuju Bandara Juanda Surabaya untuk kembali ke Jakarta. Di tengah perjalanan sepanjang jalan yang dilewati Presiden, masyarakat berbaris tertib dengan protokol kesehatan sembari melambaikan tangan.