Dinas PUPR Jombang Perbaiki 17 Ruas Jalan Usulan dari Kecamatan

Bayu Pancorodi/RMOLJatim
Bayu Pancorodi/RMOLJatim

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jombang menerima usulan perbaikan 17 ruas jalan dari Kecamatan. Untuk perbaikan ruas jalan tersebut, telah disiapkan anggaran senilai Rp12,4 miliar.


Kepala Dinas PUPR Jombang Bayu Pancoroadi mengatakan, sejatinya ada 44 ruas jalan di Jombang yang akan dikerjakan di tahun 2024. Sebanyak 17 ruas diantaranya merupakan program pagu indikatif kecamatan (PIK) berdasarkan hasil Musrenbang tingkat kabupaten.

"PIK ini setiap tahun ada. Hasil Musrenbang teman-teman di kecamatan yang jadi prioritas dan diajukan ke kabupaten agar program ini didanai APBD," kata Bayu, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (28/3).

Bayu menjelaskan, 17 ruas jalan tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan. Dari total itu, PUPR telah menyiapkan anggaran sekitar Rp12,4 miliar.

Antara lain, lanjut dia, Rp5 miliar untuk delapan paket pekerjaan rekonstruksi jalan. Yakni meliputi ruas Denanyar-Sendangrejo, Jalak-Sumberingin, Kateman-Cupak, Ngusikan-Batas Kabupaten Mojokerto, dan Balongsari-Turipinggir Kecamatan Megaluh, serta ruas Marmoyo Kabuh-Jipurapah Plandaan.

"Dua paket lainnya rehabilitasi jalan ruas Kalangsemanding-Sukorejo Kecamatan Perak dan Catakgayam-Rejoslamet Kecamatan Mojowarno," terangnya.

Sedangkan tujuh paket program serupa merupakan pemeliharaan jalan. Pagu anggaranya Rp2,5 miliar. Meliputi ruas Plandi-Mayangan 1, Plandi-Mayangan 2 Jogoroto, Karangdagangan Bandarkedungmulyo-Balongsari Megaluh, Tebel Bareng-Latsari Mojowarno, dan Peterongan-Kedungbetik Kesamben.

Kemudian, ruas Tejo Mlaras-Sumobito, Betek-Murukan Mojoagung. "Setiap kecamatan sudah diploting untuk program PIK anggarannya. Tinggal mereka memilih mana yang menjadi prioritas atau target utama," imbuhnya.

Tidak hanya itu, beberapa ruas lainnya juga menjadi prioritas. Yaitu peningkatan jalan Mojoagung-Mojoduwur Mojowarno, pagu anggarannya Rp 4,9 miliar. "Itu masuk program prioritas PD (perangkat daerah)," pungkasnya.