Unitomo Press - LSP-PEP Gelar Uji Kompetensi Penulisan dan Penyuntingan Buku Nonfiksi

Uji Kompetensi Penulisan dan Penyuntingan Buku Nonfiksi/Ist
Uji Kompetensi Penulisan dan Penyuntingan Buku Nonfiksi/Ist

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Press bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP - PEP) kembali menggelar Uji Kompetensi Penulisan dan Penyuntingan Buku Nonfiksi di Hotel Ibis Surabaya.


“Secara kemanfaatan tentunya akan memberikan dampak positif, bukan hanya bagi para dosen dan mahasiswa yang mengikutinya, tetapi juga akan sangat bermanfaat bagi institusi”, kata Direktur Unitomo Press, Dian Ferriswara melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (6/4).

Kegiatan yang diikuti 52 peserta yang terbagi menjadi 3 sesi hingga Rabu (7/4) ini mendatangkan 3 orang Asesor, di antaranya Dian Ferriswara, Bangun Sentosa D. Haryanto, dan Wahyu Widayat.

Ketua Pelaksana, Ika Devi Pramudiana mengatakan, dalam kegiatan ini, peserta telah terbagi dalam 4 skema, yaitu Skema Sertifikasi Penulisan Buku Nonfiksi, Penyuntingan Substansif, Penyuntingan Naskah, dan Penyuntingan Akuisisi.

“Para peserta akan fokus pada skema yang telah dipilihnya, dan akan diuji sesuai standar kompetensi yang berlaku”, ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Meithiana Indrasari, Ketua Umum Penulis Buku Perguruan Tinggi (P2BPT) mengatakan sertifikasi kompetensi profesi ini, baik bagi dosen, alumni, maupun mahasiswa akan memiliki nilai plus tersendiri, terutama berkaitan dengan performen, citra, dan pengakuan kompotensi yang dimilikinya.

“Apalagi bagi para dosen, sertifikasi kompetensi ini berkaitan langsung dengan tugas dan fungsi utama yang menjadi tupoksi dosen,” kata Mei yang juga Wakil Rektor Bidang Promosi dan Kerja Sama ini.

Mei menambahkan, sertifikasi kompetensi juga memiliki manfaat besar bagi institusi tempat mereka bekerja.

“Semakin banyak dosen yang memiliki sertifikat kompetensi, semakin besar pengaruhnya terhadap peningkatan akreditasi lembaganya”, pungkasnya.