Nihil Kasus Covid-19, Enam Kecamatan Di Kabupaten Jember Dinyatakan Zona Hijau

Peta zonasi Covid-19 Kabupaten Jember/Hms
Peta zonasi Covid-19 Kabupaten Jember/Hms

Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Jember dinyatakan memasuki zona hijau, yakni bebas Covid-19 alias tidak ada kasus baru pada Rabu (28/4).


Keenam kecamatan tersebut lima di antaranya berada di wilayah Jember Timur yakni Kecamatan Sumber Jambe, Ledokombo, Mayang, Pakusari, Jelbuk serta satu Kecamatan Jember Selatan, yakni Kencong. 

Menurut Plt Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Habib Salim, enam kecamatan itu berubah menjadi zona hijau setelah 4 Minggu berturut-turut tidak ada kasus Covid-19 baru.

"Alhamdulillah 6 kecamatan hijau," ujar Habib yang juga Plt Kadis Kominfo Pemkab Jember pada Kantor Berita RMOLJatim

Dia menjelaskan keenam kecamatan ini menjadi zona hijau seiring dengan penanganan Covid-19, bahwa pasien di kecamatan tersebut sembuh dan tidak ada pasien meninggal dunia. Selain itu, tidak ada kasus baru Covid-19. 

"Mudah-mudahan 6 kecamatan tersebut bisa mempertahankan tetap zona hijau," harap Habib.

Habib juga menjelaskan, sebelumnya sudah ada tiga kecamatan yang sudah zona hijau terlebih dahulu. Ketiganya adalah Kecamatan Mumbulsari, Jenggawah dan Jombang. 

"Namun kembali ke zona oranye dan kuning karena ada kasus Covid-19 baru, bahkan ada yang hingga meninggal dunia," jelasnya.  

Habib pun menghimbau pihak pemangku kepentingan dan masyarakat dari enam kecamatan zona hijau, agar mempertahankan dengan melakukan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 supaya tidak kembali ke zona oranye apalagi merah.

Sesuai data Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Jember, hingga Rabu (28/4) malam, tercatat ada 2 kasus Covid-19 baru, dan tercatat ada 5 pasien positif sembuh baru. Sehingga jumlah total pasien positif Covid-19 sebanyak 6.900 orang, dan 6.388 di antaranya dinyatakan sembuh, serta 471 meninggal dunia. Sebanyak 41 orang tengah dirawat dan menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan sesuai peta zonasi 31 kecamatan di kabupaten Jember, 6 Kecamatan zona hijau, 7 kecamatan zona orange dan 18 kecamatan zona kuning.