Tinjau Lokasi Gempa Di Malang, Presiden Jokowi Janjikan Bantuan Rekontrusksi Rumah Warga

Presiden Jokowi saat di Lokasi Gempa di Kabupaten Malang/RMOLJatim
Presiden Jokowi saat di Lokasi Gempa di Kabupaten Malang/RMOLJatim

Tinjau lokasi bencana alam gempa bumi di Kabupaten Malang yang terjadi beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo berjanji, Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan bagi warga untuk merekonstruksi rumahnya yang rusak.


"Sore hari ini saya berada di Desa Majangtengah, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk meninjau gempa yang terjadi beberapa hari yang lalu," ujar Presiden Jokowi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai melakukan peninjauan di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit. Kamis (29/04).

Berdasarkan laporan yang diterimanya, sebanyak 1.716 rumah di Kabupaten Malang mengalami kerusakan, baik rusak berat, sedang, maupun ringan, akibat gempa tersebut.

"Untuk itu, pemerintah akan memberikan bantuan bagi warga untuk merekonstruksi rumahnya yang rusak," kata Presiden Jokowi.

Besaran jumlah bantuan rekontruksi rumah yang diberikan kepada warga terdampak Gempa Magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Jawa Timur pada Sabtu, 10 April 2021 lalu tergolong beberapa jenis, yaitu rumah rusak ringan, sedang dan berat. 

"Semuanya nanti akan dibantu dari pemerintah, yang rusak berat akan dibantu Rp 50 juta, yang rusak sedang dibantu Rp 25 juta, dan yang rusak ringan dibantu Rp 10 juta. Kita harapkan nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi," tandasnya.

Sedangkan mengenai fasilitas umum yang mengalami kerusakan, Presiden Jokowi menyebut, bahwa akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Saya berharap, kehidupan masyarakat bisa segera kembali normal. Mudah-mudahan dalam bulan-bulan Mei ini segera dilakukan pengerjaan," tuturnya.

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 13.15 WIB dan langsung menyimak pemaparan panel. Presiden kemudian meninjau tenda trauma healing yang disiapkan bagi para warga terdampak.

Presiden Jokowi juga nampak berinteraksi dengan sejumlah warga di hunian sementara yang dibangun oleh warga, di atas reruntuhan.

Dalan peninjauan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.