Gubernur Khofifah Beri 39 Unit Motor Operasional Untuk Tagana di Jatim

Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan acara buka bersama bersama anak yatim, Tagana dan TKSK di Gedung Negara Grahadi Surabaya/ist
Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan acara buka bersama bersama anak yatim, Tagana dan TKSK di Gedung Negara Grahadi Surabaya/ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sebanyak 39 Unit sepeda motor kepada Tagana di Jatim. 


Bantuan sepeda motor ini diberikan sebagai bentuk dukungan penuh Pemprov Jatim untuk operasional Tagana di Jatim semakin lebih maksimal dalam tanggap penanggulangan bencana di Jatim.

“Tagana Luar biasa, dedikasinya luar biasa. Keiklasan teman-teman (Tagana,red) terbukti. Jadi setiap Tagana di kab/kota dan provinsi mendapatkan 1 unit sepeda motor untuk operasional,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan sambutan acara buka bersama bersama anak yatim, Tagana dan TKSK di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (3/5).

Seperti dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, usai memberikan sambutan, Gubernur Jatim Khofifah menyempatkan foto bersama dengan para Tagana dan TKSK. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi mengatakan, tahun ini akan mendapatkan kendaraan Operasional. 

“Pada Mei tahun ini rencananya Gubernur Jawa Timur Khofifah akan memberikan 39 unit kendaraan bermotor kepada Tagana,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Tagana sendiri adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Alwi menuturkan, jumlah tersebut sama seperti pada tahun lalu. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga memberikan 39 unit sepeda motor untuk Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se Jatim sebagai kendaraan operasional.

Kendaraan bermotor tersebut dibagikan ke-masing-masing kabupaten/kota se Jatim mendapatkan sebuah sepeda motor plus untuk koordinator TKSK Jatim.

Ketua Koordinator Tim Tagana Dinsos Provinsi Jatim, Twiadi mengatakan, bahwa bantuan Tagana ada 39 unit kendaraan motor dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, masing - masing Kabupaten / Kota Koordinator ke Poskoan Tagana Kab/ kota disapu ada 38 Unit.

Namun untuk satu unit dioperasikan di posko Tagana Provinsi jatim. 

“Jadi di Forum Koordinasi Tagana provinsi mendapatkan satu unit. Jadi total jumlahnya 39 unit kendaraan motor. Bantuan ini kemungkinan diberikan pada tanggal 4 Mei dan mula ada pemberkasan,” katanya.

Dia menjelaskan, Bantuan tersebut diberikan kepada tagana sebagai upaya untuk mempercepat dari kegiatan Tagana dalam penanggulangan bencana maupun membantu untuk penanganan masalah sosial lainnya. 

“Saat kejadian bencana memang banyak, sehingga motor untuk mobilitas sangat diperlukan untuk kegiatan lainnya. Selain itu, untuk memacu seluruh Tagana di Jatim yang ada sekitar  2000 Tagana tersebar di 38 kabupaten/ kota,” imbuh Twiadi.

Menurut Twiadi, bantuan tersebut merupahkan apresiasi yang luar biasa dari Gubernur Jatim untuk relawan Tagana yang notabenenya adalah spesifikasi dalam penanganan bencana. Sehingga keberadaan Tagana setiap ada bencana disitu ada Tagana.