Partai Ummat Bisa Geser Para Pemilih PAN

Amien Rais selaku Ketua Dewan Syuro bersama jajaran pengurus saat deklarasai Partai Ummat/Repro
Amien Rais selaku Ketua Dewan Syuro bersama jajaran pengurus saat deklarasai Partai Ummat/Repro

Deklarasi Partai Ummat pada 17 Ramadhan atau Kamis (29/4) yang dikomandoi Amien Rais dinilai akan berdampak pada elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN).


Seperti disampaikan Direktur Riset Indonesian Presidensial Studies (IPS) Arman salam, lahirnya Partai Ummat menandakan bahwa proses demokrasi di Indonesia berjalan baik.

Kata Arman, dalam negara yang menganut paham demokratis, keberadaan partai menjadi ciri kalau sistem demokrasi berjalan baik.

Terkait dengan konfigurasi politik nasional, Arman menyebutkan bahwa PAN adalah partai yang paling mungkin merasakan dampak elektoral.

Dijelaskan Arman, keberadaan sosok Amien Rais sebagai pendiri dan sekaligus Dewan Syuro akan menjadi magnet politik bagi kader PAN yang simpatik pada tokoh reformasi itu.

Dalam pandangan Arman, dengan kondisi partai di Indonesia yang militansi kadernya tidak begitu kuat ikatan ideologinya akan membuat para pemilih PAN akan bergeser mengikuti Amien Rais.

"Party ID di Indonesia sangat kecil, artinya militansi konstituen terhadap partai tidak terikat kuat oleh ideologi. Keberadaan Amien Rais sebagai ketua dewan syuro mau tidak mau akan menjadi magnet pemilih PAN," kata Arman melansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/5).

Apalagi, Arman menganalisa keberadaan MS Kaban selaku Wakil Ketua Dewan Syuro akan berpengaruh pada bergesernya para simpatisan dan pemilih Partai Bulan Bintang (PBB) ke Partai Ummat.

MS Kaban tercatat pernah menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) juga.

"MS Kaban setidaknya bisa memanggil pemilih PBB yang mungkin sudah terpencar masuk ke partai lain," demikian analisa Arman.