Pasarkan Produk UMKM, Wali Kota Kediri Luncurkan PUSAKA

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat berbelanja disalah satu swalayan/RMOLJatim
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat berbelanja disalah satu swalayan/RMOLJatim

Pemerintah Kota Kediri menjalin kerjasama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa dan sejumlah swalayan lainnya untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus PUSAKA (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri). 


Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan UMKM Kota Kediri disaksikan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri hari ini. Wali Kota Kediri mengapresiasi kolaborasi toko modern dengan UMKM Kota Kediri. 

“Dengan kerjasama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern, karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dikutip Kantor Berita RMOLJatim seusai peluncuran PUSAKA, Jumat (7/5). 

Terkait filosofi penamaan PUSAKA, Wali Kota Kediri mengungkapkan alasannya. 

“Kenapa namanya PUSAKA? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” sambung Abdullah Abu Bakar.

Abdullah Abu Bakar menambahkan, dengan adanya PUSAKA diharapkan masyarakat juga lebih bangga memakai dan mengkonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut.

Pelaksanaan kemitraan PUSAKA dengan toko modern ini wajib berlangsung berkelanjutan dan mengalami peningkatan setiap tahun.

"Kami harapkan setiap tahunnya ada peningkatan," tandasnya.