Ikan Bandeng Raksasa Seharga Rp 50,9 Juta Ada di Gresik 

Lelang ikan bandeng jumbo di Gresik/RMOLJatim
Lelang ikan bandeng jumbo di Gresik/RMOLJatim

Lelang bandeng merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, menjelang hari raya Idul Fitri. Terdapat tiga ekor ikan bandeng, berukuran jumbo (besar) terjual seharga puluhan juta.


Seperti ikan bandeng seberat 5 kilogram yang dibeli oleh Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu seharga Rp 10 juta. Kedua ikan bandeng seberat 5,1 kilogram, panjang 73 centimeter dan berumur 6 tahun dibeli Plh Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Cahyono dengan harga Rp 15,4 juta.

Serta ada ikan bandeng terbesar seberat 6,5 kilogram, panjang 86 centimeter yang dibeli Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seharga Rp 25,5 juta. Sehingga ketiga ekor ikan bandeng berukuran jumbo itu total laku seharga Rp 50,9 juta.

Event lelang bandeng yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Gresik berbeda dengan biasanya. Karena diselenggarakan secara langsung dan virtual. Mengingat dampak pandemi Covid-19 belum berakhir. Namun terasa istimewah sebab dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Bupati Lamongan Yuhronur dan Sekda Provinsi Jatim Heru Cahyono. 

Ikan bandeng yang dilelang merupakan hasil budidaya petani tambak di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah dan Pulau Mengare di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Wakil Gubenur (Wagub) Jatim Emil Dardak mengapreasi langkah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang menggelar lelang bandeng dalam tradisi yang sudah berlangsung selama puluhan tahun ini. Bahkan, ia mengaku baru kali pertama melihat langsung ikan bandeng berukuruan besar. 

“Saat mendapat undangan saya penasaran, seperti apa ikannya ternyata bandeng sebesar gini ada di Gresik,” ujarnya.

Sementara, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan hasil lelang bandeng akan digunakan untuk membantu anak-anak disabilitas. 

"Kegiatan lelang bandeng kali ini, pesertanya adalah Walikota dan Bupati dan penjabat Pemprov Jatim. Seperti, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Batu, Malang Dewanti Rumpoko, Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf, Bupati Lamongan Yuhronur dan Sekda Prov Jatim Heru Cahyono serta Wagub Jatim Emil Dardak," ungkapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (8/5).

"Atas nama Pemkab Gresik, kami berterima kasih kepada Wagub dan Sekda Prov Jatim, Bupati, Wali Kota, yang telah berpartisipasi untuk membantu para penyandang disabilitas ini," ucapnya.

Sedangkan, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengapresiasi gebrakan Pemkab Gresik dalam menggelar Lelang Bandeng secara virtual. 

“Gebrakan luar biasa untuk membangkitkan perekonomian, salut. Sukses terus dan semoga bermanfaat untuk anak disabilitas," tandasnya.