Sidak Harga Pangan Jelang Lebaran, Bupati Jember: Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik, Namun Masih Wajar

Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto dan Wakil Bupati, Gus Firjaun saat sidak di Pasar Mangli dan Pasar Tanjung/RMOLJatim
Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto dan Wakil Bupati, Gus Firjaun saat sidak di Pasar Mangli dan Pasar Tanjung/RMOLJatim

Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua pasar terbesar di Jember, yakni Pasar Mangli dan Pasar Tanjung Jember, Selasa (11/5) 


Menurut Bupati Jember, dari hasil sidak ditemukan harga sejumlah komoditas di sejumlah pasar di Kabupaten Jember merangkak naik. namun  kenaikan harga komoditas tersebut, masih dalam batas wajar, karena sudah ramai pembeli.

"Harga naik dikit, wajar menjelang Idul Fitri. Namun juga pembeli naik sedikit, kita tau kembali lagi adanya masalah pandemi," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (11/5).

Hendy menjelaskan aktifitas perdagangan di pasar  jelang idul Fitri 1442 H. Ini, lebih ramai dan lebih baik dibandingkan pada hari yang sama jelang Idul Fitri 1441 lalu. 

"Tahun kemarin kan kita tidak boleh ke pasar, pasar tutup. Tahun ini kan dibuka dengan harus menerapkan prokes. di Pasar Tanjung dan Pasar Mangli semua pakai masker, tidak ada kerumunan semua mengalir," jelas Bupati Hendy.

Dalam kesempatan sidak tersebut, Bupati Jember, membagikan masker kepada pengunjung maupun pedagang pasar, yang masih belum memakai masker. Terkait fasilitas penunjang prokes seperti tempat cuci tangan yang rusak, Bupati menegaskan akan segera ada perbaikan.

Adapun pantauan harga sejumlah komoditas, yang mengalami kenaik antar lain, harga cabai merah. Harga tertinggi ada di Pasar Tanjung seharga Rp. 48.000/kg. Harga cabai merah terendah di Pasar Mangli Rp. 42.000/kg. Sedangkan harga cabai rawit di Pasar Tanjung menyentuh harga Rp. 57.000/kg. Harga cabai rawit terendah di Pasar Mayang Rp. 47.000/kg.

Sedangkan Harga daging sapi tertinggi di Pasar Tanjung Rp. 130.000/kg sedangkan terendah di Pasar Mayang Rp. 115.000/kg. Daging Ayam broiler harga tertinggi di Pasar Tanjung Rp. 35.000/kg, harga terendah di Pasar Mayang Rp. 33.000/kg.

Demikian juga jenis sayuran, yang mengalami kenaikan lainnya adalah wortel dan kentang. Harga wortel tertinggi di Pasar Tanjung Rp.8000/kg. Sedangkan kentang harga tertinggi Rp. 15.000/kg.