Arab Saudi Buka Kuota Jemaah Haji Tahun 2021

Potret haji selama Covid-19/Net
Potret haji selama Covid-19/Net

Arab Saudi telah membuka kembali kuota ibadah haji bagi jemaah asal luar negeri. Namun Kementerian Agama mengaku belum menerima informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi.


Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi menjelaskan, jika informasi tersebut benar adanya, maka itu akan menjadi kabar gembira bagi seluruh umat Islam terutama di Indonesia.

Pasalnya calon jemaah haji Indonesia sudah menunggu lama kesempatan tersebut.

"Sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi," kata Khoirizi seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (24/5).

Khoirizi memastikan Ditjen PHU terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di Arab Saudi untuk mendapatkan perkembangan informasi resmi dari Khadimul Haramain.

"Info resmi ini penting sebagai rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan serta persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji tahun ini," ujarnya.

Pada pekan lalu, Khoirizi mengatakan bahwa Kemenag juga telah berkoordinasi dengan WHO Indonesia dan Kemenkes untuk membahas masalah vaksin Sinovac yang digunakan jemaah Indonesia.

Kemenag juga berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri RI.

Para pihak, imbuhnya, juga mengonfirmasi bahwa belum ada informasi resmi dari pmerintah Arab Saudi terkait haji 2021.

"Sesuai arahan Menag Yaqut Cholil Qoumas, kita akan terus melakukan persiapan dan proses mitigasi, hingga ada kepastian dari Saudi," tandasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.