Merayakan Trisuci Waisak, Berharap Pandemi Tak Menjadi-jadi

Hari raya Tri Waisak / Ist
Hari raya Tri Waisak / Ist

Salah satu rumah ibadah yang turut serta dalam peringatan hari raya Trisuci Waisak 2526 BE / 2021 adalah Vihara Buddhayana Dharmawira center (BDC) yang berada di Jalan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya. 


Panitia mewajibkan gelaran itu dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Pun dengan umat budha di Vihara BDC yang turut serta juga dibatasi. Sebelum mendatangi vihara, panitia mengharuskan pengunjung mendaftar terlebih dulu. Kendati ada perayaan secara konvensional, namun juga dilakukan dengan cara virtual atau jarak jauh. 

Sekertaris Wilayah Sangha Agung Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim) dan Bali, Biksu Dharma Maitri Mahathera menjelaskan, pelaksanaan ibadah di Vihara BDC kali ini dalam rangka Tri Suci Waisak. Ia mengharuskan seluruh umat menerapkan prokes secara ketat, tanpa terkecuali.

"Harus menerapkan prokes secara ketat," kata Dharma, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (26/5).

Dharma berharap, pademi Covid-19 segera usai. Bahkan, tak ada umat yang positif usai perayaan tahunan tersebut.

"Diharapkan tidak menjadi-jadi, setelah perayaan nanti," ujarnya.

Dharma mengamini, umat budha yang hendak mengikuti ibadah di Vihara BDC Jalan Panjang Jiwo, terlebih dulu mendaftarkan diri ke panitia. Dengan begitu, panitia bisa membatasi dan mengetahui umat yang hadir.

"Yang hadir harus daftar dulu. Jadi, untuk para umat yang belum hadir, bisa mengikuti secara online," tuturnya.

Dharma menuturkan, 3 peristiwa penting yang terjadi selama masa kehidupan sang Budha disambut antusias oleh umat Budha. Kendati masih dalam masa pandemi Covid-19. 

"Banyak sekali para umat dari beberapa tempat untuk hadir (bersama-sama), menyambut datangnya Tri Suci Waisak," katanya. 

Dharma mengungkapkan, tema yang diangkat pada perayaan Trisuci Waisak tahun 2021 dari Sangha Agung Indonesia dan Majelis Buddayana Indonesia adalah 'Eling dan Waspada Membangun Kepedulian'. Dengan diangkatnya tema itu ditengah masa pandemi, diharapkan segenap umat Budha memiliki kepekaan sosial untuk membantu beban penderitaan masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19. 

Dharma berharap, pandemi Covid-19 segera usai dan seluruh masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

Suasana perayaan Hari Raya Waisak di Vihara Buddhayana Dharmawira center (BDC)