Gubernur Khofifah Terima Rekor Muri Pemrakarsa Gerak Jalan Arak Kain Merah Putih Terpanjang

Gubernur Khofifah saat menerima Rekor MURI/Ist
Gubernur Khofifah saat menerima Rekor MURI/Ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima Rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai Pemrakarsa Gerak Jalan Mengarak Kain Merah Putih Terpanjang 178 Meter dengan menempuh jarak 55 KM.


Rekor itu diterima Gubernur Khofifah disela memberangkatkan puluhan ribu peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya (GMS) yang digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan sekaligus dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto, Sabtu (4/11).

GMS Tahun 2023 berlangsung meriah dan semarak. Ini terlihat dari antusiasme peserta dengan jumlah total peserta mencapai 8.041 orang dari seluruh kelompok usia dan dari seluruh daerah. GMS juga dimeriahkan parade sepeda juang yang diikuti oleh 3.000 peserta sepeda kuno. 

GMS ini menempuh jarak sepanjang 55 Kilometer. Dengan mengambil start di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Jl. Surodinawan No.74, Mergelo, Prajurit Kulon, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto peserta GMS akan finish di Tugu Pahlawan Surabaya.

Perwakilan Muri, Ari Andriani mengatakan, Muri memandang bahwa Gubernur Khofifah patut mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Pemrakarsa Gerak Jalan Mengarak Kain Merah Putih Terpanjang sepanjang 178 Meter. 

Dimana, angka 78 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-78 dari Provinsi Jawa Timur dan menjadi rekor yang belum pernah ada sebelumnya. Sementara, kain merah putih yang terbentang dan terpanjang menjadi pertanda dalam memperingati Hari Pahlawan. 

"Pemberian Rekor Muri ini adalah pemberian Rekor ke 25 selama masa pemerintahan ibu Gubernur Khofifah menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Terima Kasih atas seluruh inovasi dan kreatifitas yang diberikan," tutupnya.