Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Malang: Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Hidup

Suasana Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila di Pendopo Agung, Kabupaten Malang/Ist
Suasana Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila di Pendopo Agung, Kabupaten Malang/Ist

Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila di tahun 2021, Bupati Malang Drs. H .M. Sanusi, M.M bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat dan sejumlah Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang kenakan baju adat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (1/6)


Dalam kegiatan upacara yang disiarkan langsung di kanal YouTube Dinas Kominfo Kabupaten Malang, nampak anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, dan Dandim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra.

Usai upacara, Sanusi juga menyampaikan, bahwa dalam peringatan lahir pancasila yang jatuh pada 1 Juni ini,  diharapkan bisa menjadi pedoman hidup bagi masyarakat.

"Sehingga tindakan masyarakat kedepannya, selalu mengabdi pada nilai-nilai Pancasila. Utamanya pada nilai ketuhanan yang merupakan tujuan dari terbentuknya negara," kata Sanusi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, kepada wartawan.

Presiden RI, Jokowi juga mengamanatkan, bahwa Pancasila telah menyatu dalam kehidupan, namun masih banyak tantangan yang dihadapi. 

“Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan,” ujar Jokowi.

Maka dari itu, lanjut Jokowi, setiap dalam memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila diharapkan dapat mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

“Bangsa Nusantara ini memiliki keberagaman, namun dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa dengan Pancasila,” tegasnya.