Percepat Pelayanan Kesehatan, RSUD Dr Soegiri Lamongan Miliki HD Kapasitas 40 TT

Penambahan Layanan HD kapasitas 40 TT di ruangan ICU RSUD Dr Soegiri Lamongan/RMOLJatim
Penambahan Layanan HD kapasitas 40 TT di ruangan ICU RSUD Dr Soegiri Lamongan/RMOLJatim

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soegiri Lamongan mendukung penuh program pemerintah dengan tema Percepatan Pelayanan. Itu diwujudkan adanya penambahan tempat tidur ICU dan layanan Hemodialisa (HD).


Saat ini, RSUD Dr Soegiri ini telah memiliki  40 unit Tempat Tidur (TT) Hemodialisa (HD) atau cuci darah. Sebelumnya, hanya memiliki HD dengan kapasitas 7 TT.

Direktur RSUD Dr Soegiri Kabupaten Lamongan, Dr Moch Chaidar Annas M.M Kes mengatakan, untuk kedepanya pihak RSUD akan menambah HD dengan kapasitas 24 TT dengan tujuan agar pelayanan berjalan cepat sesuai kebutuhan masyarakat.

"Selanjutnya akan bertambah menjadi 24 TT dan HD di layanan ICU" katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (7/6)

Penambahan kapasitas HD tentu bukan untuk gagah-gagahan, melainkan menjawab kebutuhan masyarakat Lamongan. Diantaranya pasien gagal ginjal yang membutuhkan cuci darah.

"Layanan HD dengan kapasitas 40 TT sudah berjalan dan beroperasi. Kami sudah berpikir sedemikian jauh terkait hal-hal yang terjadi di masyarakat. Seperti hal kasus penyakit ginjal" 

Pada saat bersamaan, pihak RSUD juga proses pembangunan Layanan ICU dengan kapasitas 24 TT. Pihaknya mengklaim layanan ICU dengan kapasitas 24 TT terbanyak di Kabupaten Lamongan.

"Layanan ICU dengan kapasitas 24 TT terbanyak di Kabupaten Lamongan, lokasinya juga terkoneksi dengan layanan lain seperti IGD,’’ ujarnya.

Lokasi ruang ICU tepat di belakang IGD. Jadi dekat juga dengan ruang operasi, ponek, HD, dan laboratorium. Pihaknya RSUD menginginkan agar pasien-pasien yang dalam keadaan emergency segera ditangani dengan baik dan sesuai standar.

Untuk memudahkan masyarakat, RSUD juga memiliki Konsep layanan terintegrasi (One Stop Service). Diantaranya, layanan rawat jalan, poli, laboratorium, radiologi dan apotik berlokasi depan gedung. 

Selain itu, mulai tahun ini RSUD dr Soegiri bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya, untuk menjadi Rumah Sakit Type B Pendidikan Kesehatan dan perbaikan sarana prasarana.

"Tinggal menunggu izin dari Kementrian. Sudah disiapkan satu lantai khusus untuk pendidikan kedokteran" katanya

Berbagai alat kedokteran modern telah digunakan RSUD Dr Soegori. Diantaranya CT Scan 128 Slice, menghasilkan gambaran diagnostik dengan dosis radiasi rendah. Mamografi, untuk mendeteksi dini penyakit payudara secara akurat. Serta layanan tes swab PCR dengan tarif termurah.

"Termasuk juga ESWL metode pemecahan batu ginjal melalui gelombang kejut dari luar tubuh pasien tanpa operasi" tambahnya

Lebih lanjut, ditegaskan oleh dr Annas, alat-alat kedokteran yang digunakan merupakan yang tercanggih di Kabupaten Lamongan.

Hal ini bertujuan agar alat-alat kedokteran yang digunakan selalu ter Upgrade dan dipastikan tercanggih di Kabupaten Lamongan.

‘’Kami terus berkomitmen memperbaiki sarana dan prasarana untuk melayani masyarakat. Pelayanan pendaftaran juga bisa diakses melalui aplikasi Soegiri Mobile agar masyarakat tidak perlu antri'' pungkasnya.[adi]