Kunjungi Penyekatan Sisi Bangkalan, Wali Kota Eri: Sebagai Saudara Harus Saling Membantu

Bersama Bupati Bangkalan, Wali Kota Eri Cahyadi tinjau penyekatan di Suramadu sisi Bangkalan/RMOLJatim
Bersama Bupati Bangkalan, Wali Kota Eri Cahyadi tinjau penyekatan di Suramadu sisi Bangkalan/RMOLJatim

Untuk memasifkan langkah preventif penyekatan dan screening di Jembatan Suramadu dari kedua arah yang akan dimulai Kamis (17/6), Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengunjungi penyekatan di Suramadu sisi Bangkalan.


Kedatangan Wali Kota Eri di pulau garam itu mendapat sambutan dari Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron.

Bahkan, dua pemimpin muda ini juga memimpin persiapan penyekatan di Suramadu sisi Bangkalan hingga larut malam. 

Menurut Wali Kota Eri, antara Surabaya dan Bangkalan tidak bisa dipisahkan, karena kekuatan yang dimiliki untuk menangani Covid-19 ini adalah kebersamaan. 

Ia juga mengaku sadar betul dengan kondisi Bangkalan saat ini yang masuk pada zona merah, karena Surabaya sudah pernah mengalami zona merah itu. 

“Makanya, sebagai saudara kita harus saling melengkapi dan membantu, sehingga nanti nakes kita perbantukan ke Bangkalan,” kata Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim di pos penyekatan di Suramadu sisi Bangkalan, Rabu (16/6).

Apalagi, tenaga kesehatan (Nakes) di Bangkalan tidak sebanyak di Surabaya, dan nakes di Bangkalan juga konsentrasi di 4 kecamatan di Bangkalan, sehingga ketika Bupati Bangkalan memohon bantuan nakes kepada Pemkot Surabaya, Wali Kota Eri langsung menyetujuinya karena dia menilai tidak ada lagi perbedaan antara Surabaya dan Bangkalan. 

“Jadi, insyallah nakesnya akan kita support,” tegasnya.

Nah, ketika nakes di Surabaya juga diperbantukan di Bangkalan, maka Bupati Bangkalan akan melakukan tes swab antigen di Suramadu sisi Bangkalan, sehingga warga yang akan menuju Surabaya, akan dilakukan tes swab antigen di Bangkalan, bukan di Surabaya lagi. 

Tapi, kalau ternyata di Bangkalan penuh atau antri yang akan dites, maka selain plat M akan dilepas dan akan dibantu tes di Suramadu sisi Surabaya.

“Yang pasti, warga yang akan masuk ke Madura, harus saya pastikan sehat dengan dilakukan tes di Suramadu sisi Surabaya, sehingga Covid-19 di Madura cepat hijau dan di Surabaya juga hijau. Jadi, ini satu keluarga besar yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya,” pungkasnya.