Persebaya Ultah ke-94, Ini Himbauan Ketua Pusura

Hoslih Abdullah (kiri)/RMOLJatim
Hoslih Abdullah (kiri)/RMOLJatim

Di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda di Indonesia, klub kebanggaan arek Suroboyo, Persebaya, bakal berulang tahun yang ke-94 pada Jumat (18/6).


Peristiwa bersejarah yang datang setiap tahunnya ini dikuatirkan bakal mengundang massa yang cukup besar.

Pasalnya pendukung klub tersebut yang kerap disapa Bonek ini memiliki pengikut yang luar biasa jumlahnya.

Tak hanya di Kota Kelahiran Persebaya namun juga tersebar di berbagai daerah bahkan di luar pulau.

Agar tak menimbulkan kerumunan sesuai dengan arahan dari pemerintah, ini himbauan Ketua Umum Putera Surabaya (Ketum Pusura) Hoslih Abdullah.

Menurut Cak Dullah sapaan Hoslih Abdullah mengatakan ada dua himbauan bagi masyarakat Surabaya terutama pendukung setia klub sepak bola Persebaya.

"Yang pertama boleh-boleh saja merayakan ulang tahun. Yang kedua ini himbauan jangan berbondong-bondong karena situasinya ini memang seperti yang saya katakan tadi situasinya gak memungkinkan Covid-19 tetap masih ada dan makin melonjak," kata Cak Dullah dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (17/6).

Ia menambahkan dalam memaknai maupun merayakannya itu harus sesuai dengan arahan dari pemerintah. Jangan melakukan kegiatan di dalam ruangan tetapi di tempat terbuka dengan separuh kapasitas pengunjang dari biasanya.

"Misalnya di Pusura ada kalau merayakan tapi karena situasinya seperti ini mungkin hanya 40 orang atau 50 orang. Atau buat tumpeng," jelasnya.

Hal ini dikatakan Cak Dullah lantaran Pusura juga merupakan bagian dari Bonek. Sebab salah satu pentolan supporter Persebaya berasal dari Pusura.

"Kenapa saya katakan di Pusura karena rencana saya teman-teman mendirikan bagus suporter Pusura berdiri tahun 2006. Sampai hari ini masih ada. Dan kami menyumbangkan salah satu supporter kami menjadi derigen capo kan berasal dari sini.

Saya wajib menghimbau karena saya bagian dari teman-teman. Nanti bagaimana cak Awi yang akan menghimbau," ungkapnya.

Tak hanya Supporter Bonek, namun himbauan juga berlaku bagi masyarakat pecinta klub Persebaya dari Surabaya maupun daerah lain.

Sebab kata Cak Dullah bila protokol kesehatan tak dijalankan maka akan berdampak pada masyarakat lainnya.

"Yang saya inginkan semua masyarakat di Surabaya jangan sampai dalam memeriahkan sesuatu kemudian membawa dampak yang kurang baik. Semakin banyak pandemi covid-19 itu tidak akan menjadi bagus," paparnya.

Maka dari itu Cak Dullah kembali menegaskan dapat merayakan tapi harus mengikuti arahan pemerintah yakni menjalankan 5 M. Bila tidak maka aparat berwenang yang tergabung dalam satgas Covid-19 akan melakukan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Harapan kita ulang tahun boleh saja tapi di tempat masing masing. Mungkin 10 orang atau dengan cara yang berbeda tidak berkerumun mejalankan prokes. Kalau terjadi banyak orang disini maka pihak berwenang tidak tinggal di akan memberi arahan," pungkasnya.