Jelang Lebaran, Disperdagin Kota Kediri Lakukan Sidak Toko Penjual Parcel

Petugas saat melakukan pengecekan parcel lebaran/RMOLJatim
Petugas saat melakukan pengecekan parcel lebaran/RMOLJatim

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri melakukan sidak parcel lebaran yang marak dijual di pasaran. saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.


Sidak ini dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan pada konsumen menjelang hari besar keagamaan nasional.

Sidak kali ini dilakukan di empat swalayan dan toko parcel di Kota Kediri yaitu Laksana Jaya, Toko Ijo, Hypermart dan Golden Swalayan.

Operasi gabungan ini dilakukan Disperdagin bersama UPT Perlindungan Konsumen Kota Kediri, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kota Kediri. 

"Menjelang lebaran ini, kami selalu melakukan sidak dan pemantauan pada parcel di beberapa toko dan swalayan yang menjual parcel lebaran," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperdagin Kota Kediri Rice Oryza Nusivera kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (3/4). 

Rice mengatakan, dari empat toko dan swalayan itu tidak ada makanan yang basi atau lewat masa expired. 

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya tetap memberikan pengarahan pada pihak manager dan pemilik toko, sehingga kedepan bisa melakukan penataan parcel dengan informasi barang yang jelas terutama terkait tanggal expired. 

"Kami tetap menghimbau pada toko dan swalayan yang menjual parcel, agar melihat tanggal kadaluwarsanya sebelum dijual," tegasnya. 

Rice berharap agar masyarakat lebih bijak dan waspada dalam mengecek tanggal kedaluwarsa makanan dan minuman dalam parcel. Sementara untuk makanan curah, kemasan juga harus tetap terpasang label PIRT.(adv)