HUT Bhayangkara, Polres Situbondo Gelar Vaksin Gratis Untuk 2.200 Orang

Masyarakat mengijuti vaksin COVID-19 gratis yang digelar bertepatan dengan HUT Bhayangkara/RMOLJatim
Masyarakat mengijuti vaksin COVID-19 gratis yang digelar bertepatan dengan HUT Bhayangkara/RMOLJatim

Polres Situbondo ambil bagian dalam program nasional satu juta vaksin sehari. Menggandeng Kondim 0823, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, pelaksanaan vaksin yang digelar, Sabtu (26/6) bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-75, dan mentargetkan 2.200 peserta vaksin COVID-19 secara gratis.


"Hari ini kita melaksanakan vaksinasi gratis terhadap warga Situbondo yang belum vaksin, berusia di atas 18 tahun," ujar Kapolres Situbondo, AKBP Ach Imam Rifai.

Menurut Kapolres Imam, kegiatan itu merupakan realisasi dari program TNI Polri yaitu 'Serbuan Vaksinasi Nasional', dengan target sehari satu juta Vaksin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan di masing-masing daerah, yang dilakukan serentak di 34 Polda seluruh Indonesia.

"Sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75, yaitu Transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju, maka Polres Situbondo turut mendukung dengan menyiapkan sekitar 2.200 vaksin gratis bagi masyarakat," bebernya lagi.

Kapolres mengaku cukup yakin target vaksinasi terpenuhi, karena kegiatan itu sudah disosialisasikan sebelumnya baik melalui media sosial, Whatsapp, maupun pengumuman oleh Polsek jajaran, dan malam hari sebelum kegiatan target masyarakat yang akan divaksin sudah penuh.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Klinik Pratama Polres Situbondo, melainkan disebar ke beberapa titik, di antaranya halaman KUD Desa Landangan Kecamatan Kapongan, Rumah Sakit Asembagus, puskesmas di lima kecamatan, yakni Panji, Kendit, Panarukan, Mangaran, Klampokan, dan Jangkar.

"Alhamdulillah tadi malam sesuai data dari Klinik Pratama bahwa masyarakat yang mendaftar sangat antusias, sehingga kuota sudah terpenuhi dan hari ini terlihat kedatangan warga yang akan divaksin sudah mengantri dengan menerapkan protokol kesehatan," tutup Imam.

Sementara itu, Dandim 0823, Letkol Inf Neggy Kuntagina yang juga hadir dalam acara itu, berpesan kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M dalam setiap aktifitas sehari-hari.

"Besar harapan kami semua bisa tercapai Herd Immunity dilingkungan masyarakat, kendati sudah mengikuti vaksin, kami tetap menekankan untuk terus memetahu protokol kesehatan," pungkas Neggy.